Durian Sukabumi Didorong Jadi Ikon Kebanggan Daerah

FESTIVAL DURIAN Sukabumi
FESTIVAL DURIAN : Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri bersama unsur pejabat daerah saat memeriahkan Festival durian lokal unggulan Sukabumi tahun 2023, di lapangan Cangehgar Palabuhanratu. Sabtu (7/1/23).
SUKABUMI — Ribuan Masyarakat Kabupaten Sukabumi tumpah ruah meriahkan Festival durian lokal unggulan Sukabumi tahun 2023, di lapangan Cangehgar Palabuhanratu. Sabtu (7/1/23).
Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan ini mulai berbondong-bondong sejak Pukul 07:30 WIB di meja registrasi untuk pengambilan kupon, lantaran bagi siapapun yang datang bisa menyantap buah durian secara gratis.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mengatakan dengan festival ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi terus beriktiar meningkatkan potensi yang dimiliki dengan komoditi durian unggulan ini ke kancah nasional maupun internasional.
Durian lokal unggulan Sukabumi ini memiliki kualitas rasa dan tekstur yang cukup baik dan tidak kalah oleh durian-durian lain. Oleh karena itu Wabup Iyos mengajak untuk terus memasarkan dan memodifikasi agar kualitas durian tersebut semakin baik.
“Kami bangga terhadap petani durian di Kabupaten Sukabumi yang selama ini terus bersemangat dan konsisten untuk mengembangkan komoditi durian sehinga bisa menjadi ikonnya Kabupaten Sukabumi, “ucapnya
Holtikultura merupakan unggulan program pembangunan, oleh karena itu produktivitas masyarakat yang berdaya saing melalui agrobisnis dan pariwisata yang berkelanjutan harus terus ditingkatkan melalui event-event tersebut.
“Ketika kita mengembangkan komoditas durian di Kabupaten Sukabumi bisa berdampak untuk menarik perhatian para pengunjung yang datang ke Sukabumi, “jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Sri Astuti dalam laporannya menjelaskan, festival durian yang digelorakan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pemulihan ekonomi masyarakat di Kabupaten Sukabumi pada sektor pertanian jenis buah-buahan satu diantaranya biah durian.
“Durian adalah satu buah unggulan exotic yang produksinya sangat berlimpah di Kabupaten Sukabumi selatan khususnya, Palabuhanratu, Cikakak dan Simpenan, “katanya

Pos terkait