Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Tiba-tiba Lembur Tanggal 9 Desember

  • Whatsapp
Petugas Disdukcapil Kabupaten Sukabumi melakukan pelayanan perekaman biometric kependudukan.

SUKABUMI – Suksesi Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2020 tidak bisa dilepaskan dari peranan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi. Para petugas tetap melakukan pelayanan berupa perekaman dan penerbitan KTP elektronik untuk memastikan tidak ada warga yang tidak menyalurkan hak pilihnya karena dokumen kependudukan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Sukabumi, Yayah Dewi Homsiah menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir, pelayanan dokumen kependudukan tetap dibuka seperti biasanya hingga sabtu dan minggu. Hal itu, dilakukan sebagai wujud suksesi Pilkada Kabupaten Sukabumi berjalan dengan baik.

Bacaan Lainnya

“Sebenarnya kami fokus pada pelayanan perekaman dan pencetakan KTP-el sejak Januari lalu sebagai antisipasi Pilkada, diperkuat dengan arahan Kepmendagri untuk melengkapi dokumen kependudukan masyarakat,” jelas Dewi kepada Radar Sukabumi saat ditemui, Rabu (9/12/2020).

Tidak hanya menunggu masyarakat datang, lanjut Dewi, pihaknya juga melakukan pelayanan jemput bola atau mobile ke setiap wilayah yang terlapor kurang dokumen kependudukan, khususnya yang berkaitan dengan persyaratan Pilkada Kabupaten Sukabumi.

“Kami juga jemput bola, jadi setiap kecamatan menginventarisir dan kami tindaklanjuti. Karena kan ada disabilitas yang tidak bisa datang langsung dan lainnya,” terangnya.

Selain itu, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi juga telah menyisir calon pemilih pemula agar memiliki dokumen kependudukan khususnya EKTP. Pelayanan penuh itu, dilakukannya setiap hari hingga tidak mengenal libur akhir pekan.

“Sudah beberapa bulan ini ya, kami terus kerja baik itu Sabtu, Minggu ataupun tanggal merah, tetapi kami sebagai pelayanan masyarkat sudah seharusnya seperti ini,” ujarnya.

Dalam setiap harinya, sebut Dedi, warga yang melakukan perekaman berkisar 250 orang. Sedangkan, hingga saat ini sudah ribuan EKTP diterbitkan agar prosesi Pilkada Kabupaten Sukabumi berjalan dengan baik.

“Hingga hari H Pilkada Kabupaten Sukabumi, kami masih melayani masyarakat,” pungkasnya. (upi/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *