BERITA UTAMA

Detik-detik Indonesia Mendunia karena Arung Jeram Sukabumi

RADARSUKABUMI.com – Lagu Indonesia Raya menggema dan bendera merah putih pun berkibar pada tiang tertinggi di Australia pada Minggu (19/5/2019) malam kemarin. Ini berkat perjuangan Tim Arung Jeram Putri Indonesia U-23 (Junior Women) usai mengunci titel juara dunia pada ajang World Rafting Championship (WRC) 2019 di Australia.

Namun, yang paling merasakan kebanggan tersebut adalah masyarakat Sukabumi. Sebab ketujuh atlit arung jeram putri tersebut berasal dari Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, tentu kita bangga atas prestasi ini karena mereka adalah putri terbaik daerah dari Cikidang Sukabumi. Mereka telah mengharumkan nama Sukabumi di dunia,” kata Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono kepada Radarsukabumi.com.

Gelar juara dunia ini diraih oleh Siwi Widiastuti dan kawan-kawan usai menempati posisi ketiga pada nomor down river race (DRR) yang dilombakan kemarin siang, Minggu (19/5/2019). Mereka harus mengarungi jeramnya sungai Tully George yang saat ini suhunya di kisaran 15 derajat celcius.

“Jarak tempuh pada nomor down river race adalah 9 kilometer. Mereka menyelesaikannya dengan total waktu 36 menit 57,90 detik,” ungkap Ketua Kontingen Tim Putri U-23, Nanang Suryana.

Dengan hasil tersebut, maka para srikandi jeram asal Sukabumi yang membawa nama Indonesia berhak menempati peringkat teratas dari total nomor yang diperlombakan. Sebab pada nomor-nomor sebelumnya, mereka berhasil meraih hasil positif.

Loading...

“Pada nomor head to head dan slalom, srikandi kita berhasil meraih medali emas. Lalu pada nomor sprint, hanya medali perak. Berarti hitung-hitungannya, cukup di peringkat ketiga atau medali perunggu mereka bisa jadi juara umum. Nah, pada nomor down river race mereka melakukannya,” jelas Nanang.

Selamat dan terima kasih kepada Siwi Widiastutui, Selawati solihin, Nita Karlina, Lista Natasya Peniawati, Siti Nurranti, Dhika Aulia Qotrunada, dan Andara Rizma. Kalian telah mengharumkan nama Indonesia, dan mengharumkan nama Sukabumi.

(izo)

Daftar Peringkat World Rafting Championship 2019 U-23

No Nama Negara Total Poin
1. Indonesia 943
2. Selandia Baru 907
3. Australia U19 863
4. Briantia Raya 849
5. Jepang 829

Sumber: International Rafting Federation WRC 2019 Tully

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button