Desember Ini, Tol Cibadak-Palabuhanratu Mulai Dibangun

  • Whatsapp
JALAN : Citra satelit via Google Strees View yang memperlihatkan kondisi lalu lintas Cibadak menuju Palabuhanratu di Kabupaten Sukabumi. FOTO: GOOGLE STREETS VIEW

SUKABUMI – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menggelar konsultasi publik tentang rencana pembangunan Tol Cibadak – Palabuhanratu kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Jika tak ada aral, wacana proyek yang diyakini dapat mengurai kemacetan poros Utara dan Selatan wilayah Kabupaten Sukabumi akan dimulai Desember tahun ini.

Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris Pengatur Jalan Tol, Yongki yang mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut untuk menggali masukan dari berbagai pihak terkait proyek pengembangan Jalan Tol Cibadak-Palabuhanratu yang akan dimulai Desember ini.

Bacaan Lainnya

“Tol yang direncanakan sepanjang 34,5 kilometer bisa mengkoneksikan wilayah selatan (dengan utara). Termasuk membuka akses ke Geopark Ciletuh,” kata Yongki dalam konsultasi publik, Jumat (18/12).

Yongki juga menyebutkan bahwa jalan tol yang dikelola Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol ini sekaligus untuk memperlancar distribusi barang dan jasa. Sehingga, bisa menurunkan biaya logistik.

“Serta mendukung pengembangan potensi ekonomi di kawasan Sukabumi yang selama ini terhambat akibat keterbatasan aksesibilitas. Pembangunan tol tersebut dibagi menjadi empat sesi dan diproyeksikan selesai pada 2024 mendatang,” tutupnya.

Sementara itu, Penjabat Sekda Kabupaten Sukabumi Zainul S mengatakan, keberadaan tol itu akan mendongkrak kemajuan Kabupaten Sukabumi. Termasuk mempercepat pembangunan daerah berbasis kawasan pariwisata. Tak hanya itupula, kehadiran Tol Cibadak-Palabuhanratu akan menjadi pemantik masuknya investor ke Sukabumi sehingga berdampak sangat besar bagi sektor ekonomi.

“Tentu akan menciptakan iklim usaha yang sehat akan menarik minat investor ke Sukabumi,” pungkasnya.

Sementara itu, Fajar (31) salah seorang warga Cibadak mengaku sangat antusiasme menyambut rencana megaproyek tersebut. Menurut karyawan swasta yang memiliki sanak famili di wilayah Palabuhanratu, jalan tol ini akan mempermudah akses transportasi warga masyarakat dari Utara ke Selatan, begitu sebaliknya.

“Wah Alhamdulillah atuh. Saya kebetulan punya keluarga di Palabuhanratu, jadi gampang dong kalau nanti mau ke sana (Palabuhanratu, red.). Ya semoga rencana pemerintah ini segera terealisasi dengan lancar tanpa hambatan sehingga baik warga Cibadak maupun Palabuhanratu yang ada keperluan bisa mudah dalam bepergian,” ucapnya. (upi/izo/t)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *