Bupati Sukabumi Paparkan Road Map CPUGG

Bupati Sukabumi H Marwan Hamami
Bupati Sukabumi H Marwan Hamami menjadi pembicara pada acara Penyerahan SK Warisan Geologi

BUPATI Sukabumi H Marwan Hamami menjadi pembicara pada acara Penyerahan SK Warisan Geologi kepada 5 Kabupaten/Kota Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Badan Geologi, Jl Diponegoro Bandung, Rabu (8/12/2021).

Badan Geologi sendiri adalah badan yang memiliki tugas menyelenggarakan penelitian, penyelidikan, dan pelayanan di bidang sumber daya geologi, vulkanologi dan mitigasi bencana geologi, air tanah, dan geologi lingkungan, serta survei geologi.

Bacaan Lainnya

Penyerahan SK Warisan Geologi dilakukan oleh Sekretaris Badan Geologi kepada Kabupaten Limapuluh Kota , Tanah Datar , Solok , Pasaman Barat dan Solok Selatan.

H. Marwan Hamami memaparkan kronologis pengembangan Geopark Ciletuh Palabuhanratu sampai diraihnya sertifikat Unesco Global Geopark.

Dirinya juga menerangkan potensi -potensi yang ada di wilayah taman bumi kebanggaan Kabupaten Sukabumi itu.

“Sekarang kami masih dalam proses menyelesaikan rekomendasi rekomendasi dari tim asesor, seharusnya di bulan April kemarin harus dievaluasi yang kedua kali tapi karena pandemi terpaksa diundur, penilaian bertujuan untuk sertifikasi Geopark Ciletuh Palabuhanratu,” jelasnya.

Disampaikan juga oleh Bupati bahwa Kabupaten Sukabumi memiliki 47 Kecamatan 381 desa 5 kelurahan. Ada 8 Kecamatan di daerah geopark.

“Sejak tahun 2005 koordinasi dengan unesco sudah kita rintis, sampai Kabupaten Sukabumi di berikan kepercayaan mewakili Indonesia di Cina, waktu itu hanya 2 provinsi yang mewakili yakni Bali dan Jawa Barat.

Dalam kesempatan tersebut Kabupaten Sukabumi sebagai Wakil Jawa Barat mempresentasikan potensi wilayah pesisir yang dimilikinya untuk di jadikan objek penunjang Geopark sekaligus mendorong pemberdayaan bagi masayarakat,” ungkapnya.
Pemberdayaan, lanjut Bupati, dimulai dari peran aktif masyarakat untuk mengelola dan menjaga kekayaan geologi serta ekosistem yang ada.

“Kami bersyukur pemprov Jawa Barat membantu percepatan infrastruktur pendukung geopark, pemberdayaan masyarakat juga menjadikan geopark dengan segala instrumennya menjadi warisan geologi dan warisan budaya.

Berkat tim yang solid akhirnya wilayah Ciletuh Palabuhanratu di akui sebagai Unesco Global Geopark,” terangnya.

Hadir juga pada kesempatan tersebut 11 Kepala Daerah Kota dan Kabupaten yang ada di Sumatera Barat serta tamu undangan lainnya. (*)


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *