Bupati Sukabumi Idul Adha 1443 H di Cisaat, Kurban Memberi Kita Hikmah Iklas, Sabar dan Peduli Sesama

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi melaksanakan shalat Idul Adha 1443 hijriah di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Minggu, 10 Juli 2022.

BUPATI Sukabumi H. Marwan Hamami beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi melaksanakan shalat Idul Adha 1443 hijriah di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Minggu, 10 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti juga sejumlah kepala perangkat daerah Kabupaten Sukabumi.

Bertugas sebagai imam salat ialah Ustadz Safaat Abdus Salam. Sementara khotib Fatahillah Nadziri yang merupakan ketua MUI Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Bupati Sukabumi H. Marwan mengaku bersyukur bisa melaksanakan salat Idul Adha di Desa Padaasih. Sehingga, bisa bersilaturahmi dan melaksanakan salat Idul Adha bersama warga Desa Padaasih.

“Terima kasih warga Desa Padaasih. Atas nama pribadi, keluarga, dan Pemda saya mengucapkan selamat Idul Adha 1443 hijriah,” ujarnya.
Idul Adha identik dengan berkurban. Maka dari itu, H. Marwan berterima kasih kepada masyarakat yang telah berkurban. Sebab, banyak hikmah yang diperoleh dalam.

Berkurban baik untuk individu yang berkurban maupun masyarakat dan pemerintah.

“Insya Allah salah satu hikmahnya dapat menguatkan hati untuk menjadi pribadi yang semakin tinggi keikhlasannya. Semakin penyabar, hingga meninggkatkan rasa kepedulian sosial kepada sesama. Hingga terbentuk pribadi muslim yang berkualitas,” ucapnya.

Meskipun, di Idul Adha 1443 hijriah ini terdapat sejumlah hewan kurban di beberapa daerah di Indonesia yang terkena wabah. Maka H. Marwan mengimbau masyarakat untuk memastikan hewan kurban yang dibeli sehat. Terutama terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Kalau bisa, pembelian, penyembelihan, dan pendistribusian dititipkan di lembaga yang memenuhi syarat,” ungkapnya.

Tak hanya itu, H. Marwan mengingatkan masyarakat untuk mengurangi sampah plastik. Salah satunya dengan tidak menggunakan plastik dalam pendistribusian daging kurban.

“Mari kita berusaha agar tidak mendistribusikan daging kurban dengan plastik. Semua bisa diganti dengan tempat alternatif yang ramah lingkungan,” bebernya.

Selain itu, H. Marwan tetap mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar pandemi covid 19 benar-benar menghilang dari Indonesia.

“Meskipun covid 19 sudah landai, namun tetap kita jangan lengah dan terus menerapkan protokol kesehatan,” ajaknya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan mengajak masyarakat untuk mendoakan warga yang saat ini menjalankan ibadah haji di tanah suci. Terutama, agar mereka sehat, dan mampu menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji.

“Sehingga, ketika kembali pulang ke Sukabumi mereka menjadi haji mabrur dan mabruroh,” ungkapnya.

Kabag Kesra Kabupaten Sukabumi selaku panitia pelaksana Salat Idul Adha Habiburrohman mengatakan, tahun ini Pemkab Sukabumi menyalurkan hewan kurban bagi masyarakat. Di mana, satu ekor sapi diserahkan untuk masyarakat di Desa Paadasih.

“Selain itu, untuk di Desa Paadasih ada juga penyerahan bantuan bagi fakir miskin, jompo, dan yatim piatu,” pungkasnya. (*)

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami

Pos terkait