BRI Cabang Sukabumi Peduli Bencana Ciengang, Salurkan CSR Tanggap Darurat

  • Whatsapp
BRI PEDULI: Pinca BRI Sukabumi Widiyatno Nur Adi Marmanto (berkacamata) saat mengunjungi lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Minggu (18/1/2021).

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.COM – Mengawali tahun 2021, Indonesia tidak berhenti dirundung serangkaian bencana, mulai dari belum berakhirnya pandemi Covid-19, musibah kecelakaan Sriwijaya Air SJ 182, gempa bumi dengan kekuatan 6,2 skala richter di Mamuju dan Majene, tanah longsor di Sumedang serta di wilayah Indonesia lainnya, tidak terkecuali di Kabupaten Sukabumi.

Di salah satu kabupaten terluas se-Jawa dan Bali ini, sebanyak dua kampungnya yaitu Kampung Suradita dan Kampung Balekambang dilanda bencana pergeseran tanah. Kedua kampung itu masuk ke dalam wilayah Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Bencana pergeseran tanah di dua kampung yang berada di Kabupaten Sukabumi itu ternyata membuat prihatin banyak pihak, termasuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang (Kanca) Sukabumi.

SIGAP: Penyerahan bantuan CSR Tanggap Darurat Bencana dari Pinca BRI Sukabumi yang diwakili SPO BRI Kanca Sukabumi Fidji (tiga kiri) ke Posko Siaga Bencana Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Senin (18/1/2021).

Pantauan radarsukabumi.com, Pemimpin Cabang (Pinca) BRI Sukabumi Widiyatno Nur Adi Marmanto beserta jajarannya turun langsung ke lapangan mengecek kondisi masyarakat yang terdampak bencana.

Pinca BRI Sukabumi Widiyatno Nur Adi Marmanto menyatakan keprihatinannya atas musibah yang dialami masyarakat Kampung Suradita dan Kampung Balekambang Desa Ciengang Kabupaten Sukabumi. Apalagi kejadian itu bertepatan dengan musim hujan.

“Sebagai salah satu perusahaan milik pemerintah kami ikut prihatin atas musibah ini,” kata Pinca BRI Kanca Sukabumi Widiyatno Nur Adi Marmanto kepada Radar Sukabumi.

TURUN KE LAPANGAN: Pinca BRI Sukabumi Widiyatno Nur Adi Marmanto (berkacamata) sedang berdialog dengan kepala desa dan warga sekaligus mengecek bantuan apa saja yang dibutuhkan para pengungsi, Minggu (17/1/2021).

Bentuk nyata dari rasa keprihatinan tersebut dibuktikan lewat kunjungan langsung jajaran BRI Kanca Sukabumi ke lokasi bencana sebanyak dua kali. Pertama di hari Minggu (17/1/2021) dan Senin (18/1/2021).

“Kunjungan pertama kami lebih difokuskan untuk meninjau lokasi bencana, kondisi pengungsi sekaligus pemetaan apa saja yang dibutuhkan oleh mereka terutama kebutuhan yang mendesak dan harus segera dicukupi. Sedangkan kunjungan kedua, kami menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Tanggap Darurat Bencana, tentunya sesuai dengan kebutuhan mereka,” tutur pria ramah yang selalu menerapkan tiga prinsip hidup yakni jujur, disiplin dan kerja keras ini.

Berdasarkan hasil koordinasi dengan kepala desa (Kades), bantuan yang dibutuhkan oleh para pengungsi saat ini adalah pemenuhan logistik seperti sembako, peralatan mandi, selimut, lauk pauk, dan air minum kemasan.

Atas dasar itulah BRI Kanca Sukabumi langsung menyalurkan bantuan CSR Tanggap Darurat Bencana ke Posko Siaga Darurat Bencana yang diterima oleh Kades Ciengang Yudius Hidayat Bagja pada Senin, 18 Januari 2021.

ESTAFET: Penyaluran bantuan CSR Tanggap Darurat Bencana dari BRI Cabang Sukabumi ke Posko Siaga Bencana Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Senin (18/1/2021).

“Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang kini berada dipengungsian dan semoga mereka semua dilindungi oleh Allah SWT,” ucap Widi – sapaan akrab Widiyatno Nur Adi Marmanto.

Penyaluran bantuan CSR Tanggap Darurat Bencana Pergeseran Tanah untuk para pengungsi itu merupakan bentuk kepedulian nyata pihak BRI Kanca Sukabumi. Hal ini menunjukkan bahwa BRI tidak hanya berorientasi pada profit oriented semata, namun BRI juga memiliki kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami musibah.

“BRI selalu berkomitmen untuk tidak hanya mengejar keuntungan semata, namun BRI juga senantiasa mempunyai kepedulian membantu masyarakat yang membutuhkan. Semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kampung Suradita dan Kampung Balekambang di Kabupaten Sukabumi yang saat ini berada dipengungsian,” ulasnya.

SIMBOLIS: Penyerahan bantuan CSR Tanggap Darurat Bencana dari Pinca BRI Sukabumi yang diwakili SPO BRI Kanca Sukabumi Fidji (tengah) ke Posko Siaga Bencana Desa Ciengang Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi, Senin (18/1/2021).

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh dari Kades Ciengang sekaligus Koordinator Penanggulangan Bencana Desa, Yudius Hidayat Bagja bahwa berdasarkan data per tanggal 17 Januari 2021 tercatat ada sebanyak 61 kepala keluarga (KK) yang terdiri dari 179 orang yang berada di pengungsian lantaran rumah mereka berada di zona merah sehingga mereka terdampak langsung pergeseran tanah.

Dengan adanya bantuan CSR Tanggap Darurat Bencana dari BRI Kanca Sukabumi, Kades Ciengang mewakili masyarakat di pengungsian menghaturkan terimakasih, semoga apa yang diberikan BRI dapat bermanfaat dan membantu mengurangi kepedihan yang dialami oleh masyarakat Kampung Suradita dan Kampung Balekambang.

“Selaku Kepala Desa Ciengang dan mewakili masyarakat, kami mengucapkan terimakash atas kepedulian BRI Kanca Sukabumi pada warga kami yang mengalami bencana pergeseran tanah, kami tidak lupa mengucapkan Alhamdulillah dan bantuan ini nantinya akan kami distribusikan secara langsung kepada warga kami yang terkena musibah,” pungkasnya. (*/sri)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *