BPBD Pastikan Tak Ada Kerusakan

  • Whatsapp

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Badan Pengendalian Bencana Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi memastikan tidak ada kerusakan setelah gempa bumi berkekuatan 3,0 Skala Richter (SR) menggoyang Kabupaten Sukabumi, sekira pukul 08.13 WIB, kemarin (19/8).

Koordinator Pusat Pengendalian dan Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, pasca gempa bumi yang diakibatkan aktivitas Sesar Citarik itu, hingga saat ini tidak ada laporan kerusakan apapun. “Sajauh ini kami belum menerima laporan adanya kerusakan akibat gempa,” kata Daeng kepada Radar Sukabumi, kemarin (19/8).

Bacaan Lainnya

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlokasi di 6.77 Lintang Selatan (LS) 106.53 Bujur Timur (BT) dengan pusat gempa berada di darat 24 Kilometer Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan epicentrum 8 Kilometer. “Geterannya tidak terlalu besar, bahkan hanya beberapa saja yang merasakan guncangan gempa bumi itu. Sesuai informasi dari BMKG gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujarnya.

Menurutnya, kendati getarannya tidak terlalu besar dan hanya sebagian kecil warga yang merasakan. Namun ia mengaku sudah menginstruksikan kepada relawan dan petugas BPBD yang ada di kecamatan untuk melakukan pendataan antisipasi adanya rumah warga yang rusak. “Kami sudah menugaskan semua relawan yang ada disetiap kecamatan untuk melakukan pengecekan. Alhamdulillah belum ada laporan,” paparnya.

Daeng pun menghimbau, agar warga selalu waspada. Karena Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah rawan terjadi bencana. “Jika terjadi gempa, warga jangan panik. Lakukan evakuasi mandiri dengan cara ke luar dari bangunan atau bersembunyi di bawah meja, tapi alangkah baiknya berlari ke halaman yang lapang dan tidak ada bangunan,” pungkasnya.

 

(bam/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *