Besok, Penumpang Kereta Api Wajib Booster

Aturan-Naik-Kereta-Api

SUKABUMI – Aturan bepergian dengan kereta api kembali berubah. Mulai besok (30/8), seluruh penumpang kereta api jarak jauh berusia di atas 18 tahun diwajibkan untuk menjalani vaksinasi booster sebagai syarat perjalanan.

Syarat vaksinasi booster tersebut bersifat mutlak. Artinya, penumpang yang belum mendapatkan booster tidak bisa menggantinya dengan hasil negatif tes PCR atau antigen. Sementara itu, anak berusia 6 hingga 17 tahun hanya wajib telah divaksin dosis kedua.

Bacaan Lainnya

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengungkapkan bahwa aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 84 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 26 Agustus 2022.

Pada aturan sebelumnya, orang dewasa yang belum menjalani vaksinasi booster masih bisa melakukan perjalanan dengan menunjukkan hasil negatif tes antigen dan PCR. ”Namun, mulai 30 Agustus hal itu tidak berlaku lagi,” jelas Joni.

Karena itu, pihaknya mengingatkan pelanggan agar segera menjalani vaksinasi booster ataupun vaksinasi dosis kedua bagi pelanggan usia 6–17 tahun. ”Mulai 30 Agustus pelanggan yang tidak dapat menunjukkan bukti vaksinasi tersebut tidak akan diperkenankan naik KA,” tegasnya. Vaksinasi dapat dilakukan di lokasi yang disediakan KAI maupun pemerintah.

Selain syarat vaksinasi, lanjut Joni, pelanggan tetap diwajibkan dalam kondisi sehat. Juga, mengenakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun.

Joni menambahkan, untuk masa transisi sosialisasi aturan baru tersebut, khusus pelanggan dengan tiket keberangkatan 30 Agustus sampai 12 September yang tidak dapat menunjukkan persyaratan vaksinasi itu bisa membatalkan tiketnya. Pengembalian (refund) sebesar 100 persen dari harga tiket. Pembatalan dapat dilakukan paling lambat H+7 tanggal keberangkatan KA di loket stasiun atau contact center KAI.

Sementara itu, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, Kemenhub juga telah mengeluarkan SE baru soal syarat perjalanan menyesuaikan dengan terbitnya SE terbaru Satgas Covid-19 Nomor 24 Tahun 2022. (tau/c7/fal)

Aturan Baru Naik Kereta Api

-Penumpang usia 18 tahun keatas wajib sudah vaksinasi booster (dosis ketiga)
-Penumpang usia 6-17 tahun wajib sudah vaksinasi dosis kedua
-Penumpang usia dibawah 6 tahun, wajib bepergian dengan pendamping yang sudah memenuhi syarat perjalanan
-Penumpang dengan kondisi komorbid dan tidak atau belum dapat menerima vaksinasi diwajibkan melampirkan surat keterangan dari dokter RS pemerintah
-Penumpang WNA usia di atas 18 tahun yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.