Berharap Jadi Ikon Wisata Kuliner Kota Sukabumi

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com, SUKABUMI – Grand Opening Resto Joglo Pasundan Soekaboemi resmi dihelat pada Jumat (30/11/2018). Restauran bernuansa Jawa kolaborasi Sunda ini berlokasi di Jl KH Ahmad Sanusi 15A, Degung, Kota Sukabumi.

Dalam acara tersebut hadir pula Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Hamami, serta pejabat dan tokoh lainnya. Fahmi sendiri didaulat untuk secara resmi membuka salah satu tempat wisata kuliner di Kota Sukabumi ini.

Bacaan Lainnya

Christin Mualim selaku salah seorang pemilik Resto Joglo Pasunda Soekabumi merasa bersyukur atas terselenggarakannya acara ini. Menurut dia, restoran miliknya hadir dengan arsitektur yang ikonik dan unik.

“Di mana bagi orang Jawa makna sebuah bangunan Joglo adalah rumah tradisional, dengan filosofi papat kiblat limo pancer dimana bangunan ini ditopang dengan 4 tiang utama yang disebut Soko Guru,” kata Christin dalam sambutannya.

Jumlah empat tiang tersebut, jelas Christin, mewakili adanya kekuatan yang dipercaya berasal dari empat penjuru mata angin. Sedangkan satu kerucut atau piramida yang diyakini merupakan simbol dari segala hal yang sakral.

“Resto ini terdiri dari 2 bangunan. Bangunan di depan, disebut Pendopo yang dibuat tanpa dinding yang berkaitan dengan karakter orang Jawa yang senang keterbukaan, dimana dalam tradisi orang Jawa biasanya merupakan area untuk menerima tamu,” papar Christin.

“Bangunan di belakang, disebut Limasan dimana dalam tradisi orang Jawa ini merupakan bangunan dimana mereka menjamu tamu yang datang,” imbuhnya.

Resto Joglo Pasundan Soekaboemi, tutur Christin, menyajikan hidangan dengan cita rasa nusantara dimana resto ini memiliki fasilitas yang memadai, memiliki aula yang luas, ruangan meeting, area outdoor dan mushola.

“Harapan kami, bahwa resto ini dapat menjadi salah satu icon di kota Sukabumi dan destinasi kuliner bagi pecinta masakan nusantara,” harapnya.

(izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *