Bebersih Jalan Selabintana Sukabumi, Malah Dapat Ular

Kecamatan Sukabumi
DAPAT ULAR: Muspika Kecamatan Sukabumi mendapatkan ular sanca batik saat menggelar aksi bersih-bersih di sepanjang Jalan Selabintana, Kecamatan Sukabumi, Jumat (07/01).

SUKABUMI – Salah satu upaya pencegahan banjir, unsur Muspika Kecamatan Sukabumi menggelar gotong royong untuk melakukan aksi bersih-bersih atau bebersih di sepanjang ruas Jalan Raya Selabintana, Desa Warnasari, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jumat (07/01).

Aksi bebersih sampah yang merupakan program Jumat Bersih (Jumsih) merupakan agenda rutin Muspika Kecamatan Sukabumi yang selalu dilakukan setiap Jumat pada satu pekan sekalinya.

Bacaan Lainnya

Camat Sukabumi Nunung Nurhayati mengatakan, hampir di sepanjang ruas Jalan Raya Selabintana, kerap mengakibatkan banjir sehingga menggenangi badan jalan saat hujan turun.

Untuk itu, pihaknya melibatkan warga masyarakat untuk ikut bebersih. Seperti memotong rumput di sepanjang pinggir badan jalan, membersihkan lumpur, pasir dan sampah yang menyendat saluran drainase jalan dan lainnya.

“Banjir itu, sering terjadi saat hujan di sekitaran Jalan Raya Selabintana. Lantaran, selain saluran drainasenya tersendat tumpukan sampah, juga banyak ditutupnya saluran drainase oleh masyarakat untuk lintasan kendaraan, khususnya mobil menuju rumahnya.

Akhirnya, saat hujan deras air dari drainase itu melimpah ke badan jalan. Sehingga, jalan tersebut cepat rusak atau berlubang,” kata Nunung kepada Radar Sukabumi, Jumat (07/01).

Aksi bebersih yang dibantu oleh warga sekitar dan pemerintah setempat dilakukan di lima titik drainase yang tersendat. “Inysa Allah besok (hari ini, red.), akan kita lanjutakan kembali aksi bersih-bersih ini,” ujarnya.

Nunung juga mengatakan, tumpukan sampah yang menumpuk di sepanjang selokan dan ruas jalan tersebut sudah dibersihkan. Adapuan sampah yang dibersihkan mulai dari sampah rumah tangga, plastik, ranting-ranting kayu, hingga kasur lipat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.