Bantuan UMKM Tahap 1 Cair, Simak Penjelasan Diskoperindagin Kota Sukabumi

  • Whatsapp

RADAR SUKABUMI – Baru sebanyak 303 pelaku UMKM dari 15236 UMKM di Kota Sukabumi yang mendapatkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk para pelaku UMKM di Kota Sukabumi. Bantuan tersebut saat ini dalam proses pencairan.

” Sudah mulai ada pencairan, namun pencairannya sesuai dengan penetapan dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop).

Bacaan Lainnya

Jumlahnya untuk tahap1 ini sebanyak 303 pelaku UMKM,” ujar Kabid Koperasi pada Dinas Koperasi Perdagangan UMKM dan Perindustrian (Diskoperindagin) Kota Sukabumi , Sulaeman kepada Radar Sukabumi, Jumat (18/9).

Dikatakan Sulaeman program BPUM ini merupakan inisiatif dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop) dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi Nasional. Untuk itu, para pelaku usaha mikro diberikan bantuan senilai Rp 2,4 juta.

” Untuk Kota Sukabumi, kita usulkan 15236 pelaku UMKM, dibagi menjadi empat tahap. Untuk tahap kedua kita masih menunggu hasil penetapan dari kemenkop,” katanya.

Sementara itu untuk belasan ribuan pelaku UMKM yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Sukabumi kata Sulaeman masih menunggu giliran. Kemungkinan semuanya akan kebagian.

” Keterangan pak presiden, rencana mau ditambah kuotanya menjadi 15 juta pelaku UMKM dan kalau disebar ke daerah, kota dan kabupaten paling tidak mendapatkan kuota 20 ribuan. Jumlah usulan kita kan dibawah, jadi insya allah masuk semua,” ungkapnya.

Penerima BPUM kata Sulaeman harus melampirkan Surat Keterangan usaha ( SKU) dari kelurahan sebagai salah satu syarat yang dikeluarkan oleh Kemenkop. Sehingga pada prinsipnya pelaku UMKM itu bisa memasukan SKU dari kelurahan.

“Tidak mungkin kita verifikasi kelapangan secara langsung satu persatu, dengan waktu sebulan. Makanya pemerintah mempermudah dengan SKU tersebut,” pungkasnya. (bal)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar