Bakar Sarang Tawon, 500 M2 Lahan di Cikembar Ikut Hangus

  • Whatsapp
Kebakaran Cikembar
DAR SUKABUMI PADAMKAN API : Petugas Posko Damkar IX Cikembar saat memadamkan api yang membakar lahan seluas ratusan meter di wilayah Perum Permata Indah, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, pada Senin (11/10) siang.

CIKEMBAR – Kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Sukabumi. Kali ini, lahan seluas ratusan meter di wilayah Perum Permata Indah, RT 03/12, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi hangus terbakar bakar dilalap si jago merah pada Senin (11/10/2021) siang.

Komandan Posko (Danposko) Damkar IX Cikembar, Ramdani Kamal mengatakan, peristiwa kebakaran lahan yang terjadi sekira pukul 11.20 WIB telah menghanguskan lahan sekira 500 meter persegi.

Bacaan Lainnya

“Lahan secara keseluruhan itu ada sekitar 1000 meter. Namun, api berhasil kami padamkan. Sehingga api tersebut hanya membakar lahan itu sekitar 500 meter persegi,” kata Ramdani kepada Radar Sukabumi pada Senin (11/10/2021).

Berdasarkan asesmen petugas di lapangan, ujar Ramdhani, berdasarkan laporan dari warga setempat, kejadian kasus kebakaran itu bermula saat seorang pengelola lahan tengah membersihkan alang-alang. Namun, di lokasi lahan tersebut terdapat sarang tawon.

“Jadi, si pengelola lahan itu sempat disengat tawon itu. Kemudian ia membakar sarang tawon tersebut. Karena, kondisi ilalangnya kering. Sehingga saat dibakar api cepat merembet dan menjalar hingga meluas,” paparnya.

Setelah mendapatkan laporan kejadian tersebut, pihaknya langsung dengan sigap menuju lokasi kejadian untuk memadamkan api yang membakar lahan tersebut.

“Api berhasil kita padamkan dengan menggunakan dua unit mobil damkar dari Posko IX Cikembar dan satu unit mobil damkar dari PT GSI diterjunkan ke lokasi kejadian. Alhamdulillah, api berhasil kami padamkan dengan warktu kurang lebih 15 menit,” imbuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *