Bahas Kerjasama dengan Dubes China, Ketum Golkar Airlangga Malah Diundang Perayaan 100 Tahun PKC

  • Whatsapp
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia H.E Mr Xiao Qian di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (2/6)./Dok

JAKARTA — Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia H.E Mr Xiao Qian di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Rabu (2/6). Pertemuan tersebut membahas kerja sama Partai Golkar dan PKC

“Ada beberapa hal yang dibahas, yaitu pengembangan sumber daya manusia, khususnya peningkatan pengembangan SDM,” kata Airlangga Hartarto usai pertemuan.

Bacaan Lainnya

Di samping itu, kerja sama Partai Golkar dan PKC juga menyepakati untuk mendorong pemerintah masing-masing dalam hal kebijakan perdagangan internasional khususnya perdagangan antar kedua negara.

Dalam kesempatan itu, Airlangga mengapresiasi PKC yang genap berusia 100 tahun pada Juli 2021 mendatang. PKC juga mengundang Airlangga untuk hadir sebagai penanggap perayaan 100 tahun PKC yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden China, Xi Jinping.

“Mereka mengundang kami untuk hadir secara virtual dalam summits tersebut. Kami diminta berpartisipasi untuk memberikan tanggapan baik melalui video maupun zoom. Kami akan hadir dalam acara tersebut,” kata Airlangga.

Pada pertemuan itu juga dibahas juga soal vaksin dari China atas dasar kerja sama. Apalagi, Indonesia masuk dalam prioritas negara yang bisa memperoleh vaksin Sinovac dari China.

“Tentu kerja sama ini akan terus ditingkatkan. Kita juga ada program vaksin gotong-royong yang bahan bakunya menggunakan Sinopharm yang dibeli sebanyak kurang lebih 7,5 juta dosis,” ujar Airlangga.

Sementara itu, Dubes China untuk Indonesia H.E Mr Xiao Qian juga mengamini jika pertemuan mereka membahas soal ekonomi dari dua partai dan juga negara. Xiao Qian menyebut Indonesia adalah mitra dekat dari China.

“Indonesia adalah mitra baik dan juga dekat dengan kami dan bersahabat. Meskipun kedua negara kita sama-sama menghadapi Covid-19, tapi hubungan kita justru meningkat,” ujar Xiao Qian.

Menurutnya, Indonesia dan China terus menjalin kerja sama di bidang perdagangan, investasi dan energi. Namun yang lebih menonjol, kata Xiao Qian, adalah kerja sama vaksin.

“Kerja sama vaksin menjadi yang lebih menonjol sekarang. Pihak Tiongkok bersedia melanjutkan kerja sama vaksin kedua negara kita yang mencakup pengembangan, penelitian, produksi dan juga pengadaan sehingga memberi kontribusi untuk Indonesia untuk mengalahkan Covid-19,” tandas Xiao Qian.

Dalam pertemuan itu Airlangga didampingi jajaran pengurus DPP Partai Golkar. Turut hadir Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F Paulus, Bendahara Umum DPP Partai Golkar Dito Ganinduto, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar bidang Perekonomian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar bidang Kominfo Nurul Arifin, Ketua DPP Partai Golkar bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) Meutya Hafid dan Ketua DPP Partai Golkar bidang Hubungan Luar Negeri Dave Laksono.(Rmol)

Pos terkait