Arus Mudik di Sukabumi Masih Lesu

Sukaraja-Sukabumi
Arus lalu lintas memasuki mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah masih terpantau lenggang.

SUKABUMI – Arus lalu lintas jelang mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah masih tergolong normal. Kalaupun terjadi kepadatan kendaraan, itu terjadi akibat volume kendaraan lokal.

Meski begitu, jajaran kepolisian tetap berjaga untuk mengantisipasi lonjakan para pemudik. Satlantas Polres Sukabumi Kota misalnya, menerjukan personel untuk mengatur lalu lintas di setiap perbatasan, Minggu (24/4).

Bacaan Lainnya

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno mengatakan, berdasarkan pantauan arus lalu lintas sejak pagi hari tadi, kondisi arus lalu lintas masih tergolong relatif lancar.

“Saat ini, kami melakukan pantauan arus lalu lintas di beberapa titik perbatasan memasuki wilayah hukum Polres Sukabumi Kota,” kata Tejo kepada Radar Sukabumi, Minggu (24/4).

Pada kegiatan ini, Satlantas mengerahkan personelnya yang ditempatkan di beberapa titik ruas jalan yang berpotensi terjadinya kemacetan.

“Mulai dari perbatasan dengan Cianjur, kami siagakan personel di ruas Jalan Raya Sukabumi-Cianjur. Kemudian di Simpang Cibolang, kami juga siagakan di Jalan Raya Lingkar Selatan,” ujarnya.

Selain ini, satlantas juga menyiagakan personelnya untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas di dalam kota. “Di dalam kota, kami juga siagakan anggota di ruas Jalan A Yani, Jalan RE Martadinata dan Jalan RA Kosasih. Petugas disiagakan untuk mengurai kepadatan arus kendaraan,” beber Tejo.

Pihaknya mengimbau, seluruh pengendara, pemudik maupun yang hendak berwisata ke Sukabumi agar selalu mematuhi rambu lalu lintas, dan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraannya.

“Selalu patuhi anjuran keselamatan berkendara. Jangan lupa selalu menerapkan safety riding, dan tetap jaga jarak aman dalam berkendara,” pungkasnya.

Cisaat-SukabumiSementara itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi mengklaim, arus mobilitas mudik lebaran 2022 di wilayah Kabupaten Sukabumi, masih terpantau landai. Berdasarkan hasil pantaun bersama tim koordinasi dari anggota Satlantas Polres Sukabumi Kota maupun Satlantas Polres Sukabumi, untuk arus mudik di sepanjang jalur wilayah Kabupaten Sukabumi belum begitu nampak.

“Hanya aktivitas masyarakat sekitar saja. Apabila pagi-pagi berkaitan dengan aktivitas masyarakat yang pergi bekerja. Sementara kalau sore hari akibat aktivitas masyarakat yang melakukan tradisi ngabuburit atau jalan-jalan untuk menunggu buka puasa,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi, Dedi Chardiman kepada Radar Sukabumi pada Minggu (24/04).

Meski kondisi arus lalu lintas terpantau landai, namun unutk kondisi di pasar atau tempat perbelanjaan yang tersebar di Kabupaten Sukabumi, kini sudah mulai ramai dengan kepadatan aktivitas masyarakat yang belanja.

“Kalau untuk arus mudik sekarang, belum ada peningkatan volume kendaraan secara signifikan,” ujarnya.

Diprediksi, lonjakan arus mudik akan terlihat mulai cukup siginifikan pada H-3 Idul Fitri 1443 Hijriah, tepatnya pada Jumat 29 April 2022.

Prediksi tersebut sesuai dengan Kementrian Perhubungan dan survai lainnya, bahwa pada 29 April 2022, akan terjadi lonjakan arus mudik tahun ini. “Iya, lonjakan arus mudik diprediksi akan terlihat pada saat cuti bersama hari Jumat 29 April 2022,” pungkasnya. (bam/den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.