50 Paslon Pilkada se-Jawa Barat Jalani Test Pemeriksaan Kesehatan, Paslon Sukabumi di Hari ini

  • Whatsapp
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Endun Abdul Haq,

SUKABUMI — Sebanyak 50 Bakal calon peserta Pilkada 2020 di Jawa Barat menjalani tes atau pemeriksaan kesehatan pada Senin-Kamis, 7-10 September 2020. Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Hasan Sadikin Bandung dan RSPAD Jakarta.

“Jadi dari delapan daerah di Jabar yang melaksanakan Pilkada Serentak 2020, khusus untuk bakal calon kepala daerah Kabupaten Karawang menjalani tes kesehatannya di RSPAD Jakarta. Sisanya, tujuh daerah di RSHS Bandung,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar, Endun Abdul Haq, seperti dilansir Antara, Senin (7/9/2020).

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan pemeriksaan kesehatan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang dilakukan di RSPAD Jakarta sesuai dengan rekomendasi IDI Kabupaten Karawang.
Menurut dia, pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah di Jabar harus dilakukan di rumah sakit tipe A. Saat ini, belum ada rumah sakit tipe A di delapan kabupaten/kota penyelenggara pilkada.

“Di Jabar yang tipe A itu kan hanya Hasan Sadikin. Enggak ada lagi rumah sakit bertipe A yang lain di Jabar, termasuk di delapan kabupaten/kota ini. Sehingga nanti semua calon melakukan pemeriksaan kesehatan di RSHS Bandung,” ujar Endun.

Dia menjelaskan ada sejumlah rangkaian pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani oleh ke-50 orang bakal calon kepala daerah di Pilkada tersebut. Termasuk harus menjalani tes Covid-19.

“Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan karena sedang pandemi Covid-19. Pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan meliputi kesehatan fisik dan mental, serta mesti lulus tes narkoba juga pemeriksaan darah, urin, dan sebagainya. Termasuk tes Covid-19,” kata Endun.

Bakal paslon yang mengikuti pemeriksaan kesehatan pada 7-8 September 2020 adalah bakal calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur 2020, yakni pasangan Lepi Ali Firmansyah-Gilar Budi Raharja, pasangan Muhammad Toha-Ade Sobari, pasangan Herman Suhermanst-Tb Mulyana Syahrudin dan pasangan Oting Zaenal Mutaqin-Wawan Setiawan.

Sementara, bakal paslon yang melakukan pemeriksaan kesehatan pada 8-9 September 2020 yakni bakal calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung 2020, pasangan M Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan, Yena Rohaniah Iskandar Ma’soem-Atep Ahmad Riza dan Kurnia Agustina-Usman Sayogi.

Ada pula bakal calon Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2020, yaitu pasangan Abu Bakar Sidiq-Sirojudi, pasangan Adjo Sarjono-Iman Adinugraha, pasangan Marwan Hamami-Iyos Somantri.

Juga bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok 2020, yakni pasangan Pradi Supriatna-Afifah Alia dan pasangan Mohammad Idris-Imam Budi Hartono.

Daerah yang keempat ialah bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Karawang 2020, yakni pasangan Cellica Nurrachadiana-Aep Syaepuloh, pasangan Yesi Karya Lianti-Ahmad Adly Fayruz dan pasangan Ahmad Zamakhsyari-Yusni Rinzani.

Pemeriksaan kesehatan pada 9-10 September 2020 akan dilakukan untuk bakal calon di tiga daerah, yakni Pangandaran, Tasikmalaya dan Indramayu. Pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran 2020, yakni pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan dan pasangan Adang Hadari-Supratman.

Pasangan bakal calon untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya, yakni pasangan Ade Sugianto-Cecep Nurul Yakin, pasangan Azies Rismaya M-Haris Sanjaya, pasangan Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma, pasangan Iwan Saputra-Iip Miptahul Paoz.

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Indramayu 2020, yakni pasangan Nina Agustina-Lucky Hakim, Toto Sucartono-Deis Handika, pasangan Muhammad Sholihin-Ratnawati dan pasangan Daniel Mutaqien-Taufik Hidayat.(ant/hnd)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *