1.495 Personel Amankan Sukabumi

Sukabumi-Macet

SUKABUMI – Sebanyak 1.495 personel gabungan dari Polri, TNI, pemda dan relawan sudah siap mengamankan arus mudik dan balik lebaran 1443 Hijriah dan libur cuti bersama tahun 2022. Selain itu, pos pengamanan juga sudah disiagakan.

Seluruh pos pengamanan tersebut nantinya akan ditempati anggota yang ditugaskan untuk mengawaki pos. Adapun jumlah personel gabungan yang diterjunkan pada Operasi Ketupat Lodaya 2022 Polres Sukabumi itu melibatkan 675 personel.

“Itu terdiri dari 285 personel Polri, 130 personel TNI, 154 personel dari Pemkab Sukabumi, dan 106 potensi masyarakat. Untuk jalur wisata titik fokusnya tetap tempat-tempat wisata, cuma kita akan siapkan kantong-kantong parkir,” beber Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra.

Jadi masyarakat tidak ada yang parkir di bahu jalan dan semua akan diarahkan ke kantong parkir yang sudah disedikan.

“Saya juga menekankan kepada Kasat Reskrim serta tim siber pungli untuk melakukan penindakan terhadap pungli yang meresahkan masyarakat pada saat berwisata di Palabuhanratu khususnya, umumnya di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Untuk pos pengamanan sendiri, didirkan antara lain tujuh pos pengamanan, satu pos terpadu, lima pos pelayanan, enam pos wisata, dan delapan pos gatur.

“Untuk pos pengamanan atau pos pam, didirkan di Cicurug, Parungkuda, Simpang Ratu Cibadak, Letter S Cikidang, Simpang Bag Bagan Palabuhanratu, Istiqomah Cikakak, dan pos pam Bale Desa Citepus,” ujar Dedy seusai rapat lintas sektoral, di Mapolres Sukabumi, Jumat (22/4).

Selain itu, pos pelayanan berada di Cicurug, PJR Cibolang, pos yan terminal Cikembang, Gunung Butak Palabuhanratu, Karanghawu Cisolok. Lanjut Dedy, kemudian pos pam wisata pertama di Pos Loji Simpenan, SBH Cikakak, Ujunggenteng Ciracap, Minajaya Surade, Muara Cikaso, dan Pos Palampang Ciemas.

“Ada juga pos gatur yakni di wilayah Cibadak 8 pos gatur, Parungkuda 4 pos gatur, Cicurug 6 pos gatur, Palabuhanratu 7 pos gatur, Cikembar 2 pos gatur, Warungkiara 1 pos gatur, dan di wilayah Ciemas 2 pos gatur. Lalu 1 pos terpadu di TMC – Cibadak,” paparnya.

Sementara itu, sebanyak 830 orang petugas gabungan disiagakan Polres Sukabumi Kota. Pengerahan petugas tersebut disiagakan untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP SY Zainal Abidin mengatakan, petugas gabungan ini terdiri dari 830 personel yakni 430 polri dan sisanya dari gabungan TNI, pemda dan relawan. Untuk pos pengamanan, terdiri dari satu pos terpadu, 10 pospam, dan 5 pos pelayanan.

“Harapannya mudik tahun ini berjalan aman dan sehat dengan berbagai upaya yang dilakukan. Selain itu dibuka pelayanan vaksin 6 titik pos pelayanan. Diharapkan bagi warga melaksanakan vaksinasi di gerai untuk mencegah penyebaran Covid-19. (cr1/ris/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.