Dari Sukabumi Mengabdi Bagi Negeri, Berkarya untuk Dunia

Selain belajar dengan fasilitas memadai, serta dibimbing dosen-dosen profesional pada bidangnya, menjadikan mahasiswa Prodi TI NPU memiliki skill yang dapat bersaing global.

Menjamurnya mahasiswa lulusan bidang informatika di Indonesia, menjadi tantangan tersendiri bagi program studi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra (NPU).

Bacaan Lainnya

Karena­nya, berbagai programpun diinisiasi perguruan tinggi yang ber­alamat di Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabuaten Sukabumi itu. Mulai dari kerjasama internasional dengan ber­bagai perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negeri, hingga mengikutsertakan mahasiswanya dalam berba­gai program dan kegiatan internasional.

Diantara program internasional yang diikuti tersebut adalah, Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC), Global Vo­lunteer dengan negara tujuan Thailand, di mana salah seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika NPU terpilih mengikutinya.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa dapat melakukan berbagai akti­vitas seperti mengajar Bahasa Inggris dan pe­ne­rapan penyampaian perkembangan teknologi dalam lingkup pengetahu­an informatika. Kegiatan tersebut disampaikan kepada pelajar di beberapa sekolah di Negeri Gajah Putih itu.

Selain mengajarkan bahasa dan perkembangan ilmu teknologi informatika, program pertukaran budaya pun dilakukan sebagai bentuk eduka­si terhadap warga Thailand, sekaligus upaya meningkatkan wawasan mengenai kebudayaan Indonesia kepada masyarakat global.

Program yang dilaksanakan selama enam minggu tersebut, hasil kerja sama Prodi Teknik Informatika NPU dengan Taimichi Intitute Tek­nology Of Thailand. “Kegiatan tersebut memberi ke­san dan pembelajaran berharga bagi mahasiswa, sebagai bekal pengalaman di masa datang,” ujar Dosen TI NPU Muhamad Muslih, ST.M Kom.
Soft Skill dan Hard Skill

Ditambahkan Muslih, mahasiswa Teknik Informatika NPU belajar di bangku kuliah dengan duku­ngan fasi­litas memadai, serta dibimbing dosen-dosen profesional di bidang­nya, menjadikan mahasiswa prodi ini memiliki skill yang dijamin dapat bersaing secara global.

MUHAMAD MUSLIH, ST, M.KOM      Dosen Prodi Teknik Informatika NPU

“Upaya peningkatan dalam bidang soft skill, seperti melalui himpunan dan organisa­si, mendapat dukungan universitas melalui bidang kemahasiswaan, bertuju­an meningkatkan soft skill dan hard skill agar melahirkan lulusan yang memiliki multikemampuan menghadapi tan­tang­an global.”

Karena mahasiswa, jelas pria penyuka nasi liwet dan ikan asin itu, tidak cukup memiliki kemampuan akademis. “Mahasiswa harus memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama. Melalui organisasi, mereka mencoba melatih kemampuan soft skill dengan implementasi sesuai bidang keilmuan.”

Dijelaskan lebih jauh, melalui Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI), banyak peluang bisa diperoleh. Tidak jarang mahasiswa TI meraih penghargaan dalam kejuaraan informatika seperti halnya Indonesia Hacksprint Competition, di mana mahasiswa NPU menjadi salah satu wakil dalam kompetisi IT tersebut.

“Pada ajang tersebut diwakili saudara Faqih, mahasiswa tingkat akhir angkatan kedua Prodi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra,” pungkas pria kelahiran Sukabumi, 29 April 1986 itu tersebut.

Prodi Teknik Informatika Universitas Nusa Putra
Berbagi di Tingkat Lokal hingga Prestasi Internasional

Banyak program pengabdian kepada masyarakat dan prestasi di tingkat internasional telah dilakukan dan diraih oleh mahasiswa Prodi Teknik Informatika (TI) Universitas Nusa Putra (NPU). Salah satu program pengabdian kepada masyarakat adalah hibah website untuk desa-desa.

Kegiatan Hibah website Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi.

Di Kabupaten Sukabumi, desa-desa di Kecamatan Curugkembar menjadi salah satu penerima hibah tersebut. Website gratis tersebut diberikan kepada tujuh desa dan satu kecamatan.
Tak hanya itu, program hibah website ini pun akan berlanjut ke semua desa dan kecamatan yang membutuhkan, baik di wilayah Sukabumi maupun daerah-daerah terpencil lainnya di Indonesia.

“Website gratis tersebut diberikan, sebagai upaya penyebaran informasi secara digital, agar informasi dapat diakses oleh siapapun, di manapun, tanpa dibatasi ruang dan waktu,” terang Dosen TI NPU Muhamad Muslih, ST.M Kom.

Kegiatan Hibah website Kecamatan Curugkembar, Kabupaten Sukabumi.

Website yang dibangun tentunya memiliki fitur yang dapat memudahkan desa-desa menyampaikan informasi kepada khalayak, baik potensi alam, maupun informasi sepurtar perkembangan desa.
Joint Conference

Tak hanya itu, Prodi TI NPU juga sudah sering menggelar berbagai joint conference, dari mulai konferensi tingkat nasional hingga internasional. “Beberapa berhasil meraih Best Paper dalam konferensi tersebut,” jelas Alumni Universitas Budi Luhur, Jakarta itu.

Visi 2025 dan Peluang Kerja Menantang di Pelbagai Bidang

Penguatan soft skill dan hard skill bagi mahasiswa Prodi Teknik Informatika (TI) Universitas Nusa Putra (NPU), tentu sudah terncana dan terpola dengan capaian-capaian yang layak dibanggakan. Menurut Muhamad Muslih, Visi Teknik Informatika adalah menjadikan program studi yang kreatif dan inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang Teknik Informatika yang mampu mengangkat nilai-nilai kearifan lokal.

Sehingga, menurutnya, akan mampu menghasilkan karya orisinil yang memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi era perdagangan global pada tahun 2005, serta melahirkan lulusan yang andal, bermartabat, beriman, dan bertakwa.

“Sedangkan Misi Teknik Informatika adalah menyelanggarakan sistem pendidikan dan pengajaran teknologi informatika berbasis komperensi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia berakhlak mulia, mandiri, dan profesional dalam menggali dan mengolah potensi bangsa,” jelas Muslih lebih jauh di ruang kerjanya.

Selain itu, misi Prodi TI adalah melaksanakan penelitian yang kreatif dan inovatif dengan cara mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informatika terhadap nilai seni dan budaya, sosial ekonomi, dan peradaban bangsa. Serta menyebarluaskan hasil penelitian dalam bentuk teknologi terapan yang mampu bersaing secara global dan dapat memberikan manfaat baik bagi peningkatan kualitas masyarakat.

“Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik di dalam maupun luar negeri, akan berdampak signifikan terhadap kemajuan mahasiswa dan institusi,” tegasnya.

Sementara, saat disinggung soal peluang kerja bagi jebolan TI, menurutya, secara umun dapat bekerja di perusahaan soft ware house, pemerintahan, militer, lembaga pendidikan, industri, bank, konsultan, BUMN dan BUMD, serta sektor bisnis lainnya.

“Lingkup pekerjaan meliputi software engineering, aplication deplover, system analyst, manager sistem informasi, dan bidang jaringan lainnya,” pangkasnya.

Belajar, Berkarya, Berorganisasi, dan Berbagi

Tak hanya belajar di dalam kelas, tetapi juga segudang kegiatan positif di luar kelas yang telah dan akan dilakukan mahasiswa teknik informatika, demikian dikemukakan Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Universitas Nusa Putra (NPU) Fajar Sidik Suganda.

Menurutnya, kegiatan HMTI di kampus adalah menggelar berbagai seminar dan workshop rutin, serta aksi sosial seperti hibah website gratis bagi desa terpencil. Hal tersebut bertujuan untuk pengembangan soft skill bagi seluruh anggota HMTI.

“Untuk kegiatan di luar kampus, selain mengikuti seminar, HMTI juga aktif dalam organisasi himpunan di wilayah Jawa Barat dan nasional,” tegas Fajar.

Ditambahkannya, HMTI NPU bergabung dalam organisasi tingkat nasional yaitu Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas), sehingga mereka aktif mengikuti berbagai kegiatan yang digelar.

“Jadi kegiatan HMTI sendiri ketika di luar kampus, itu banyak dan sangat bermanfaat. Selain untuk menambah wawasan, juga bisa berinteraksi dan saling mengenal sesama jurusan TI atau sistem informasi dari berbagai perguruan tinggi, baik tingkat wilayah, maupun nasional. Di tingkat Jawa Barat, HMTI Universita Nusa Putra sudah cukup dikenal oleh semua kampus,” jelas remaja yang lahir di Sukabumi pada 7 September 1996 itu.

Pada akhir perbincangan dengan Radar Sukabumi, mahasiswa yang memiliki hobi bela diri dan futsal itu menunjukkan bukti jika HMTI NPU sudah dikenal di tingkat wilayah, yakni dengan terpilihnya salah satu anggota HMTI menjadi pemateri seminar di tingkat Jawa Barat.

Visi & Misi HMTI

Visi HMTI

Menjadi Himpunan Teknik Informatika yang unggul, terdepan, mandiri, professional dan tanggap terhadap pengembangan teknologi informasi berdasarkan Iman dan Taqwa.

Misi HMTI

Menyelenggarakan pendidikan guna menghasilkan Sumber Daya Manusia yang bermanfaat. Mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informasi melalui kegiatan penelitan berkelanjutan berbasis Sumber daya dan kearifan local.

Menyebarluaskan dan menerapkan hasil penelitian melalui kegaitan yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Membentuk karakter pribadi yang lebih kreatif, mngutamkan kebersamaan tanpa adanya individualism. Merangkul satu sama lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *