KESEHATAN

Bocah Asal Cianjur Ternyata Derita Penyakit Ini

CIANJUR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur klarifikasi mengenai penyakit diderita, Muhammad Zihad (4) seorang bocah menderita gizi buruk, warga Kampung Cibingbin RT 1/4, Desa Sukamaekar, Kecamatan Sukanagara, Cianjur Selatan, Minggu (11/3/2018).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar menjelaskan, itu bukan gizi buruk tapi penyakit ‘Hirschsprung’ atau kelainan usus besar.

Biasanya kelainan bawaan sejak lahir, itu gelaja susah Buang Air Besar (BAB), karena ada kelainan saraf yang menggangu gerakan usus.

“Sebagai bahan laporan tambahan, ibunya baru melahirkan lagi di RSUD Cianjur sedang dirawat. Karena proses melahirkan melalui operasi sesar,” kata dia.

Dinkes Cianjur menyebutkan, kini sedang terus melakukan monitoring mengenai perkembangan bocah dan ibunya.

Pasien kini sedang ada di PKM untuk diberikan tindakan pra rujuk diagnosa dokter patient menderita hirschsprung atau obstruksi sel pencernaan.

Masih menurut Tresna, bahkan sudah pernah dirujuk ke RSHS, sebelumnya pasien menolak untuk dilakukan operasi. Kini sedang dirujuk kembali ke RSUD Cianjur.

Karena, sudah dilakukan penanganan secara medis oleh dokter di RSUD, mendoakan semoga cepat sembuh.

“Pemkab Cianjur memberikan biaya pengobatan secara cuma-cuma alias gratis, kini berada di ruang kelas III dibiayai 100 persen oleh Pemkab Cianjur,” ungkapnya.

(radar cianjur/mat)

Tinggalkan Balasan