Santri Ponpes Al-Istiqomah Maksimalkan Ibadah di Ramadan

  • Whatsapp
Para santri Ponpes Terpadu Al-Istoqomah di Jalan Pelabuhan II, Kilometer 10, Kampung Pasirmalang, RT 01/02, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi saat melakukan pengajian kitab kuning.

SUKABUMI – Pada bulan suci Ramadan tahun 1442 Hijriah ini, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Terpadu Al-Istoqomah di Jalan Pelabuhan II, Kilometer 10, Kampung Pasirmalang, RT 01/02, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi memfokuskan diri dengan berbagai ragam kegiatan ibadah.

Banyak hal yang dapat dilakukan di bulan yang penuh berkah ini. Ya, selama Ramadan Ponpes Al-Istiqomah Sukabumi mengintensifkan beragam kegiatan keagamaan seperti mengintensifkan ngaji kitab kuning, tadarusan, tawasul, doa bersama dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Pimpinan Ponpes Terpadu Al-Istiqomah, Buya Royanudin melalui Pembimbing Santri Putra Ponpes Terpadu Al-Istiqomah, Wassik Muhammad mengatakan, sebelum memasuki bulan Ramadan, ia bersama pimpinan ponpes telah menetapkan jadwal kegiatan.

Seperti pengajian kitab kuning yang dijadwalkan pada pagi hari, tepatnya setelah salat subuh dan sore hari setelah salat ashar.

“Sementara, untuk malam harinya dijadwalkan setelah salat tarawih, para santri melakukan pengajian tadarus yang sudah di bentuk kelompok yang ada di setiap asrama,” kata Wassik kepada Radar Sukabumi pada Rabu (14/03/2021).

Selain itu juga, sambung Wassik, terdapat juga kegiatan ekstrakurikuler. Seperti membaca buku dan diskusi yang dilakukan para santri setelah melaksanakan salat zuhur sampai sebelum waktu salat ashar.

“Seluruh jumlah total santri perempuan dan laki-laki yang mondok di sini ada sekitar 100 orang. Alhamdulillah, semua santri bisa menjalankan kegiatan sebagaimana mestinya,” bebernya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada bulan suci Ramadan tahun ini, seluruh kegiatan pembelajaran dan ibadah para santri telah ditingkatkan, jika dibandingkan dengan kegiatan pada bulan biasanya.

“Iya, pada bulan Ramadan untuk intensitasnya ada peningkatan sampai 30 persen dari pada bulan biasa. Terutama dalam pengajian Al-Quran dan pengajian kitab kuning,” tandasnya.

Pihaknya menambahkan, dengan datangnya bulan penuh berkah dan ampunan ini, diharapkan pada masa pandemi Covid-19 yang kini tengah mewabah di Sukabumi dapat segera berlalu dan membaik.

Supaya seluruh aspek kegiatan apapun, khususnya terutama dalam kegiatan keagamaan dapat berjalan normal sebagaimana mestinya dan bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, terlebih oleh para santri.

“Bulan Ramadan ini merupakan bulan yang sangat strategis. Karena Allah SWT telah menurunkan kalamnya berupa Al-Quran pada bulan Ramadan. Untuk itu, para santri di ponpes ini telah mengintensifkan pengajian. Seperti kitab kuning maupun mengaji kitab Al-Quran.

Iya, semoga dengan mengintensifkan kegiatan ibadah seperti ini, Allah SWT dapat mencabut wabah virus Corona. Sehingga, kondisi seluruh kegiatan dalam semua aspek dapat berjalan normal seperti biasanya,” pungkasnya. (den)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *