Pondok PesantrenRamadan

Santri Al-Istoqomah Belajar Tasrif

GUNUNGGURUH,RADARSUKABUMI.com – pada bulan Ramadan ini, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Terpadu Al-Istoqomah di Jalan Pelabuhan II, Kilometer 10, Pasirmalang, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh memfokuskan diri pada pelajaran ilmu tasrif.

Pimpinan Ponpes Terpadu Al-Istiqomah, Buya Royanudin mengatakan, Tasrif merupakan ilmu yang mempelajari perubahan kata dari satu bentuk ke bentuk yang lain.

“Ilmu tasrif ini merupakan salah satu modal untuk memahami bahasa arab.

Untuk itu, dalam mengisi bulan suci Ramadan para santri kami gembleng untek mempelajarinya,” jelas Buya kepada Radar Sukabumi, kemarin (8/5).

“Manfaatnya kan ini bahasa arab, jadi kami cetak seluruh santri disini agar dapat memahaminya dengan jelas, sesuai dengan panduan kitab,” paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, metode pembelajaran yang di unggulkan Ponpes Terpadu Al-Istiqomah terdapat dua metode.

Loading...

Yakni andragogi dan pendidikan Pedagogi.

“Alhamdulillah seluruh santri di sini menjalankan ibadah puasa sebagaimana mestinya.

Namun kami lebih menggiatkan mereka dalam beribadah.

Seluruh waktu luang kami gunakan untuk kegiatan taraweh, tadarus Alquran, tahpidz Alquran, aurod dan mempelajari ilmu Tasrif,” tandasnya.

Untuk itu, ia berharap dengan metode pembelajaran seperti ini Ponpes Terpadu Al-Istiqomah dapat melahirkan kader ulama yang profesional dan memiliki jiwa ahlakulkarimah serta memiliki wahana pertumbuhan potensi dasar kepribadian dan kepekaan terhadap lingkungan.

“Pendidikan agama merupakan salah satu ilmu penting untuk mencetak anak agar memiliki jiwa akhalakulkarimah.

Sehingga, ketika nanti selesai belajar di Ponpes mereka dapat bermanfaat baik untuk masyarakat, lingkungan maupun negara,” pungkasnya.

(Den)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button