Kilatan Ramadan Ponpes Sunanul Huda, Perdalam Pengetahuan Santri

Ponpes Sunanul Huda
Santri Ponpes Sunanul Huda di Jalan Cikaroya, Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat, tampak antusias melakukan pengajian kilatan Ramadan 1143 H. Foto:Istimewa

SUKABUMI – Pondok Pesantren (Ponpes) Sunanul Huda di Jalan Cikaroya, Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat, memanfaatkan bulan Ramadan 1443 Hijriah dengan pengajian kilatan Ramadan.

Pada bulan Ramadan yang merupakan bulan penuh berkah dan ampunan ini, ribuan santri di Ponpes tersebut senantiasa melaksanakan beragam kegiatan positif.

Bacaan Lainnya

Pengurus Ponpes Sunnal Huda Cikaroya Cisaat, Iyan Mahpudin mengatakan, berbagai kitab telah dipelajari dan digencarkan untuk dibaca oleh seluruh santri Ponpes itu untuk mengisi bulan penuh berkah ini.

Diantaranya, kitab Matnuruh Biyah, Alfiyah Ibnu Malik, Al Muhadzab, Qomiut Tughyan, Qishotul Mi’roj, Fadhilah Ramadan, Fadhilah Qiroatil Quran dan lainnya.

“Jumlah santri di Ponpes ini ada sekitar 1.150 santri. Jadi di masa ramadan ini mereka mengikuti program kilatan ramadan. Pengajian kitab-kitab kuning selama bulan ramadan dan itu harus ditamatkan beberapa kitab,” kata Iyan kepada Radar Sukabumi pada Senin (18/04).

Program kilatan Ramadan ini, sambung Iyan, dimulaisejak 2 Ramadan sampai 23 Ramadan dan pada malam harinya direncanakan akan melakukan syukuran. Karena memang ada beberapa kitab yang ditamatkan oleh para santri.

“Disamping itu, juga memang banyak kegiatan lainnya yang diintensifkan. Seperti tadarusan dan solat dhuha serta kegiatan lainnya,” paparnya.

Menurut Iyan, program kilatan ramadan ini, sangat penting sekali dilakukan di Ponpes tersebut, untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak santri, terkait betapa pentingnya kajian kitab tersebut, karena dapat dijadikan sebagai bekal untuk para santri yang nantinya berhadapan dengan masyarakat.

Makanya, pada bulan suci Ramadan itu, Ponpes tersebut menitik beratkan dengan kajian-kajian kitab kuning melalui kilatan ramadan ini.

“Yah kita siapkan lah, kader-kader pesantren itu kedepannya agar memiliki jiwa Ulull Ilmi dan berjiwa serta berahlak salafi,” tandasnya.

Bukan hanya itu, di bulan suci Ramadan tahun ini di Ponpes Sunanul Huda juga terdapat beberapa santri yang terpilih untuk melakukan safari Ramadan di tiga daerah. Yakni, Bekasi, Banten dan Sukabumi.

“Ada tiga santri yang terpilih melalui seleksi di Pesantren dan akhirnya mereka mengabdi di tiga daerah tersebut. Iya, ini kita lakukan hampir setiap tahunnya,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.