Memaknai Hari Guru

  • Whatsapp
Hari Guru Nasional 2021

Oleh: Fitri Indah Lestari – Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sukabumi

GURU. Merupakan salah satu profesi yang sampai saat ini terkadang masih diremehkan oleh sebagian orang. Dianggap sebagai profesi yang mudah dan tak berarti karena gaji yang minim. Padahal, pada kenyataannya menjadi seorang guru bukanlah suatu yang mudah. Seorang guru harus bisa mendidik anak untuk menjadi generasi bangsa yang berkualitas.

Bacaan Lainnya

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa. Pribahasa ini bukan sekedar kata untuk penghormatan kepada para guru, namun memiliki makna yang sangat dalam. Julukan pahlawan pun bukan hanya sekedar julukan. Namun, guru memang seorang pahlawan bagi seluruh bangsa Indonesia karena jika bukan karena seorang guru dari mana generasi-generasi bangsa dapat menimba ilmu bagaimana nasib generasi-generasi bangsa jika jika guru tidak ada. Karena, orang-orang yang membangun bangsa kita saat ini merupakan anak seorang guru di masa lalu, dari kesabaran dan kerja keras para guru ini lah orang-orang besar di Indonesia ada.

Tugas seorang guru pun tak hanya memberikan ilmu kepada peserta didiknya. Namun seorang guru harus bisa menyampaikan ilmu dan juga memahami setiap karakter peserta didik yang bermacam-macam. Itulah hal terhebat yang dilakukan seorang guru karena seorang guru merupakan seseorang yang paling memahami dalam segala situasi.

Semua orang mungkin bisa menjadi seorang guru bisa menyampaikan sebuah ilmu, tapi hanya guru terbaik yang dapat menyampaikan ilmu dan membentuk karakter baik pada peserta didik

Maka pada tanggal 25 November ini adalah hari yang tepat untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru Indonesia atas kerja keras dan kesabaranya dalam mendidik anak-anak bangsa.

“Jadi guru itu tidak usah punya niat bikin piner orang. Nanti kita hanya marah-marah ketika melihat muridmu tidak pintar. Ikhlas nya jadi hilang. Yang penting niat penyampaikan ilmu dan mendidik yang baik. Masalah muridmu kelas jadi pintar atau tidak. Serahkan pada Allah. Didoakan  saja terus menerus agar murid-muridnya,” ujar ibu Ade selaku Kepala Sekolah.

Betapa mulianya hati seorang guru. Tak pernah menuntut lebih hanya ingin memberikan dan menyampaian ilmu terbaik kepada anak-anaknya.

Terima kasih untuk semua guru di Indonesia. Jasamu kan abadi.

Selamat Hari Guru Nasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *