Serba Bersama

  • Whatsapp
Dahlan Iskan
Dahlan Iskan

Apakah itu tanggung jawab menteri kesehatan atau tanggung jawab ketua tim apa itu? Dalam doktrin manajemen, tidak ada yang namanya ”tanggung jawab bersama”. Harus ada satu orang yang bertanggung jawab: siapa.

Bacaan Lainnya

Kelangkaan obat: tanggung jawab siapa. Dan seterusnya. Lengkap dengan kewenangannya. Kita sering melihat slogan di terminal bus: ”Kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama”.

Toh tidak pernah bersih juga –dulu, entah sekarang. Tidak ada lagi slogan dengan bunyi seperti itu di stasiun kereta api, sejak era Ignasius Jonan –karena tanggung jawab kebersihan ada di pribadi kepala stasiun itu sendiri. Stasiun pun bersih.

Memang bikin gemes: Jumlah persediaan vaksin tercatat mencapai 150 juta. Yang ingin divaksin terlalu banyak, sampai antre –hanya sedikit yang ogah. Produksi vaksin di Bandung tiap hari sudah bisa mencapai: 1,4 juta ampul.

Tapi, yang sudah divaksin baru 60 juta orang. Itu tanggung jawab siapa? Jangan ada moto tanggung jawab kita bersama. Itu hanya enak diucapkan, puas di hati, tapi bisa seperti terminal bus hasilnya.

Saya setuju dengan pendapat ini: vaksinasi adalah harapan utama kita melawan pandemi. Capaian 70 persen adalah mutlak. Akhir Oktober harus selesai.Selebihnya urusan siapa yang harus bertanggung jawab.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *