Kebangkitan Pariwisata Melalui Konser Musik

Konser-Musik

Oleh : Fariz Fardani Nurbaihaqi
Mahasiswa Magister Pariwisata UPI Bandung

Momentum kebangkitan pariwisata diharapkan dapat mengakselerasi kebangkitan perekonomian Indonesia yang terpuruk akibat pandemi covid-19. Setelah kondisi pandemi membaik saat ini, banyak masyarakat melakukan wisata ke berbagai tujuan di Indonesia dan mengunjungi kegiatan musik yang diselenggarakan di berbagai daerah.  Beberapa konser musik yang telah diselenggarakan yaitu “Now Playing Festival 2022” yang diselenggarakan 10-12 Juni 2022 di Cimahi dan “Konser Musik Swaraya” yang diselenggarakan 24-26 Juni 2022 di Bogor.

Kebutuhan akan hiburan yang meningkat setelah pandemi menjadi latar belakang dari adanya konser musik yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Respon masyarakat yang baik terlihat dari antusias pembelian tiket yang selalu habis terjual setiap harinya dan jumlah kunjungan masyarakat yang meramaikan lokasi konser musik tersebut. Tentu hal ini perlu patut disyukuri namun dengan catatan mematuhi protokol Kesehatan (prokes).

Hal tersebut selain meningkatkan kunjungan wisatawan ke kota terselenggaranya konser musik, juga dapat meningkatkan ekonomi. Peningkatan ekonomi dirasakan langsung oleh masyarakat yang berjualan baik berjualan souvenir, makanan & minuman, hingga produk-produk UMKM. Hal serupa dirasakan oleh tingkat hunian hotel yang meningkat selama ada gelaran konser tersebut dan pelaku usaha jasa pariwisata lainnya seperti transportasi, kuliner, dll.

Melalui konser musik dapat menjadi wadah untuk mengenalkan talenta lokal terbaik Indonesia, seni, dan budaya dibidang musik yang selama pandemi berhenti sementara untuk menunjukkan penampilan terbaiknya. Sehingga dengan konser musik ini diharapkan mampu menggairahkan perekonomian dan pariwisata di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.