Rapimnas Demokrat, SBY Beri Sinyal Membantu Jokowi

Partai Demokrat tidak akan bersikap netral seperti pada Pilpres 2014. Partai Demokrat diketahui pada Pilpres 2014 lalu tidak mendukung baik Joko Widodo (Jokowi) maupun Prabo‎wo Subianto.

Dalam pidato sambutannya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, pihaknya akan mendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2019.

Bacaan Lainnya

Insya Allah Demokrat pada 2019 akan mengusung capres dan cawapres yang paling tepat dan yang paling baik,” ujar SBY dalam Rapimnas Partai Demokrat di Sentul, Jawa Barat, Sabtu (10/3).

“Pada saatnya nanti beberapa bulan mendatang putra-putri terbaik bangsa yang Demokrat nilai cakap dan mampu memimpin Indonesia, selama lima tahun akan kami umumkan,” tambahnya.

Namun demikian SBY belum mau mengungkapkan capres dan cawapres yang bakal Demokrat dukung. Sambil berseloroh dia meminta awak media untuk bersabar.

“Pada saatnya nanti akan kami umumkan sebagai pasangan calon yang diusung Demokrat,” katanya.

Akan tetapi, SBY memberikan sinyal bahwa Partai Demokrat akan membantu Jokowi di Pilpres 2019. Dia mengatakan akan memberikan masukan dari pengalamannya saat Pilpres 2004 dan Pilpres 2009.

“Jika Allah menakdirkan, sangat bisa Demokrat berjuang bersama bapak (Jokowi). Tentu ‎Bapak Jokowi sangat memahami pengalaman saya pada saat Pilpres lalu,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan pria asal Pacitan, Jawa Timur ini, Jokowi perlu membangun kekuatan di Pilpres 2019. Hal itu dilakukan supaya perjuangan di 2019 mendatang semakin kuat.

“Perjuangan bersama apa pun itu namanya akan berhasil dan menang jika kerangka kebersamaannya tepat,” pungkasnya.

(ce1/gwn/JPC)

Pos terkait