Kang Lukman PKS Sindir Tes Wawasan Kebangsaan di Hari Lahir Pancasila

  • Whatsapp
Anggota DPRD Kota Sukabumi dari Fraksi PKS, Lukmansyah.

SUKABUMI – Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Kota Sukabumi turut memeringati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni. Menurut Ketua Fraksi PKS pada DPRD Kota Sukabumi Lukmansyah, lahirnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

“Hari lahir Pancasila itu sejatinya dan seharusnya kita yakini dan amalkan sebagai pemersatu bangsa, bukan sebagai pemecah belah apalagi memilah,” kata Lukmansyah kepada Radar Sukabumi, Selasa (1/6).

Pancasila, kata pria yang karib disapa Kang Lukman, sebagai ideologi mengakomodir setiap kepentignan elemen masyarakat beragama untuk menjalankan ibadah sesuai keyakinannya. Namun ironisnya, pada suatu kasus yakni tes wawasan kebangsaan yang digagas oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) justru dianggap menciderai nilai luhur Pancasila tersebut.

“Tetapi saat ini kita, menyaksikan bagaimana BKN dengan Test Wawasan Kebangsaannya malah memberikan materi-materi tes yang merobek-robek Pancasila itu sendiri,” ujar Lukman.

Lukman pun menaruh perhatian sekaligus keprihatinan atas kejadian tes wawasan kebangsaan tersebut karena penafsiran Pancasila ternyata ada yang berbeda dari sebagaimana mestinya.

“Kalau selevel pegawai KPK yang notaben dengan keilmuan yang diatas kita (mungkin) diberikan test seperti itu, apalagi kita yang masyarakat awam,” tutur Lukman.

“Tanggal 1 Juni, sudah ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, oleh katena itu, mari bersama kita selamatkan bangsa kita dari pemecah belah yang mengatasnamakan Pancasila,” tuntasnya. (izo)

Pos terkait