PKB: Santri Harus Mampu Bersaing

  • Whatsapp

BANDUNG— Peringatan Hari Santri Nasional diharapkan menjadi momentum kebangkitan kalangan santri yang ada di tanah air. Hal itu dikatakan Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal saat hadir di Apel Santri di lapang Dadaha, Senin (22/10).

Peringatan Hari Santri juga, lanjut Cucun, menunjukan kepada bangsa bila kontribusi santri terhadap negara sangat penting.

Bacaan Lainnya

“Dalam peringatan ini terlihat ruh perjuangan pesantren, para kiai untuk membina akhlak bangsa melalui santri,” ujarnya.

Anggota DPR RI asal Kabupaten Bandung ini menilai, peringatan ini bukti santri bukan penyebar radikalisme yang selama ini melekat hingga jadi citra negatif.

“Santri dan pondok pesantren sangat mengedepankan nilai Islam yang ramah, Islam yang toleran dan menjunjung tinggi konsep rahmatan lilalamin,” tegasnya.

Alumni Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya ini juga menyebut kontribusi pesantren, kiai dan santri sudah terlihat sebelum kemerdekaan Indonesia.

“Pada hari Santri 2018 ini, RUU Pesantren dan Pendidikan Keagamaan yang telah dirumuskan oleh DPR menjadi salah satu kado untuk pesantren dan santri,” ujarnya.

Cucun juga berharap ke depan santri harus siap dalam segala bidang. Tidak hanya ilmu agama tetapi menjawab tantangan globalisasi.

“Tidak mustahil lahir seorang programmer dari kalangan santri dan startup dari kalangan santri juga. Basic pendidikan pesantren mengajarkan semua,” tandas dia.

 

(aga)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *