KPU Siapkan 14 Tema Debat Capres

  • Whatsapp

JAKARTA— Komisi Pemilihan Umum memiliki banyak usulan terkait tema debat calon presiden 2019. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, hingga kini pihaknya sudah mengusulkan setidaknya 14 tema debat. Tema-tema itu akan dibahas dalam lima ajang debat yang berlangsung pada 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret, dan 13 April nanti. “Temanya KPU kemarin sudah usulkan 14 tema debat,” katanya di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (19/12).

Beberapa di antara tema yang diusulkan adalah sektor ekonomi, sosial, budaya, politik, hukum, HAM, hingga lingkungan hidup. Meski sudah ada yang diusulkan, tema debat masih bisa berubah, tergantung hasil rapat koordinasi dengan tim kampanye pasangan capres. “Kan masing-masing juga bisa mengusulkan tema,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Selain membahas tema, KPU bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dan Badan Pemenangan Pemilu (BPN) Prabowo-Sandi juga membahas lokasi debat. Kemudian susunan tim panelis.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum bersama tim kampanye dua pasangan calon presiden baru menyepakati empat jadwal debat kandidat. Debat capres akan digelar selama lima kali.

Debat pertama antar capres-cawapres, debat kedua antar capres, debat ketiga antar cawapres, debat keempat antar capres, dan kelima antar capres-cawapres “Debat akan dilaksanakan 17 Januari, 17 Februari, 17 Maret, 30 Maret,” katanya Ketua KPU Arief Budiman

Menurut Arief, rapat koordinasi belum menyepakati waktu pelaksanaan debat kelima. Sebab, dua pasangan capres masih ingin mencocokkan dengan jadwal kampanye.

“Debat kelima atau terakhir masih akan ditentukan kemudian karena masing masing paslon masih akan melihat jadwal mereka di bulan April. Hanya debat kelima yang belum ditentukan jadwalnya,” jelasnya.

 

(wah)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *