Jokowi Minta KPU Segera Bahas Persiapkan Pemilu

Presiden RI, Joko Widodo
Presiden RI, Joko Widodo/Net

JAKARTA — Struktur kepemimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027 yang baru saja dilantik, diharapkan Presiden Joko Widodo bisa segera bekerja mempersiapkan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

“Saya harapkan anggota KPU dan Bawaslu yang baru saja saya lantik dapat segera bekerja, dapat segera tancap gas,” ujar Jokowi dalam jumpa pers virtual dalam siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/4).

Bacaan Lainnya

Menurut Jokowi, langkah persiapan harus dimulai dari koordinasi bersama DPR RI dan Pemerintah, mengingat tahapan awal Pemilu Serentak 2024 akan dimulai pada 14 Juni 2022. Ditambah dengan adanya penyelenggaraan Pilkada Serentak pada tahun yang sama di bulan November 2024.

“Ini penting dilakukan, karena untuk pertama kalinya kita akan menyelenggarakan pileg, pilpres, dan pilkada dalam tahun yang sama sehingga KPU dan Bawaslu harus segera mempersiapkan semuanya secara detail dan matang, menjaga agar kualitas demokrasi tetap terjaga,” demikian Jokowi.

Siang tadi, Jokowi melantik 7 komisioner KPU RI dan 5 anggota Bawaslu RI masa kerja 2022-2027, di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Untuk melantik para pimpinan dua lembaga penyelenggara pemilu tersebut, Jokowi mengeluarkan dua Keputusan Presiden (Keppres) yang masing-masing memuat nama-nama para pejabat.

Beleid yang pertama yakni tercatat sebagai Keppres 33/P/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan