DPD RI Ingin Swab Antigen Pelajar Dan Mahasiswa Gratis, Simak Penjelasannya

  • Whatsapp
Ketua DPR RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/Net

JAKARTA — Swab test yang harus dilakukan oleh siswa dalam setiap melakukan akitifitas belajar tatap muka di sekolah sebaiknya digratiskan. Begitu dikatakan Ketua DPR RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menanggapi keberatan orangtua atas kewajiban melakukan swab antigen bagi pelajar setiap hendak melakukan aktivitas belajar mengajar di sekolah.

Tak hanya kepada pelajar, kewajiban swab antigen juga berlaku untuk kalangan mahasiswa yang akan beraktivitas di kampus. Bagi LaNyalla, hal yang wajar apabila orangtua siswa dan mahasiswa merasa keberatan.

Bacaan Lainnya

“Kebijakan kewajiban swab antigen tentu harus dipikirkan baik-baik. Tidak semua orangtua siswa dan mahasiswa memiliki kecukupan dana jika setiap kali harus beraktivitas harus menyertakan Swab Antigen,” kata LaNyalla seperti diberitakan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (19/1).

Jika kebijakan tersebut dimaksudkan untuk mencegah klaster penularan Covid-19 di sekolah dan kampus, LaNyalla pun sangat menyetujuinya. Hanya saja, ia menilai pembiayaan bisa disubsidi sepenuhnya oleh pemerintah.

“Ada baiknya pemerintah melalui koordinasi Kemenkes dan Kemendikbud memberikan subsidi swab test atau menggratiskannya untuk pelajar dan mahasiswa yang akan beraktivitas,” tegasnya.

Bukan tanpa alasan usulan tersebut diajukan. Selain meringankan beban masyarakat di masa pandemi, juga agar proses belajar mengajar di sekolah dan kampus tak menemui hambatan. Di sisi lain, mereka juga merasa aman dari paparan Covid-19.

“Bagaimana jika orangtua siswa atau mahasiswa tak punya uang untuk swab test. Artinya dia terhambat melakukan aktivitas belajar mengajar,” terangnya.

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *