Dua Mahasiswi Universitas Nusa Putra Dinobatkan Sebagai Duta Bela Negara Jabar 2021

Mahasiswi NPU
Dua Mahasiswi NPU Dinobatkan Sebagai Duta Bela Negara Jabar 2021

SUKABUMI – Dua Mahasiswi Universitas Nusa Putra yaitu Nurul Islam Hasanah (Prodi Teknik Informatika) dan Nindi Parahita Oktaviani (Prodi Manajemen) resmi menjadi Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2021.

Nurul dan Nindi bersama 55 orang finalis lainnya dikukuhkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kawasan Konservasi Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi, Kabupaten Bandung pada Kamis (23/12/21) .

Bacaan Lainnya

Para finalis tersebut adalah perwakilan Kota/Kabupaten Sukabumi yang mengikuti proses pemilihan Duta Bela Negara Tingkat Provinsi Jabar.

Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Istrinya Atalia Praratya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jabar Iip Hidajat beserta jajaran dan Ketua Yayasan Wanadri beserta jajaran.

Kegiatan tersebut memberi pembekalan kepada para Duta Bela Negara tentang toleransi dan moderat, nasionalisme, cara komunikasi yang efektif, dan kegiatan di lapangan belajar sambil bermain dengan metode Experential Learning belajar dari pengalaman. Tujuan kegiatannya yaitu untuk membentuk karakter, melatih cara berpikir kita sebagai seorang duta bela negara.

Nurul termotivasi mengikuti duta bela negara ini karena prinsip yang selalu Nurul pegang yakni “Jangan Tanyakan Apa yang Negara Berikan Kepadamu, Tapi Tanyakan Apa yang Kamu Berikan Kepada Negaramu”. Dengan menjadi Duta Bela Negara, tentunya ini sebuah usaha untuk mempertahankan keutuhan NKRI.

”Bangga dan beruntung sekali bisa bergabung dengan orang hebat dari berbagai kota dan kabupaten di provinsi Jawa Barat dan harapan kedepannya bisa mensosialisasikan nilai bela negara dan bisa ikut serta dalam memecahkan permasalahan di masyarakat yang berhubungan dengan bela negara tentunya.” ucap Nurul

Mahasiswi NPU Senada, Nindi juga merasa bersyukur bisa terpilih dalam ajang bergengsi tersebut. “Alhamdulillah perasaan saya senang, karena suatu kebanggaan yang mana butuh perjuangan untuk sampai di titik saat ini.” ujarnya

Nindi berharap dengan ada nya Duta Bela Negara ini bisa menjadikan kita tetap satu dalam artian tidak ada pertingkaian, karena sesuai dengan salah satu empat pilar kebangsaan kita yaitu Bhineka Tunggal Ika ” Walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap, para duta bela negara ini dapat menularkan ilmu dan wawasannya yang didapat selama mengikuti camp bela negara, minimal di lingkungan terdekatnya.

Kegiatan camp duta bela negara Jabar ini diselenggarakan oleh badan kesatuan bangsa dan politik Jabar dan bekerjasama dengan wanadri, berlangsung dari tanggal 20 hingga 23 desember 2021. Kegiatan camp duta bela negara ini kedepannya akan terus dilakukan setiap tahunnya.(wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.