UNIVERSITAS NUSA PUTRA

Cerita Mahasiswa Internship Prancis Jadi Duta Kampus Nusa Putra

RADARSUKABUMI.com – MEMAKAI Jas almamater kebesaran Universitas Nusa Putra warna merah marun, Slimani Laila (22 tahun) berdiri di depan kelas untuk memperkenalkan diri dihadapan siswa-siswi salah satu kelas XII, SMK Negeri 2 Kota Sukabumi, Kamis lalu. Dengan bahasa Indonesia beraksen Prancis, Laila menyapa dan memperkenalkan dirinya dengan penuh percaya diri.

“Selamat pagi, nama saya Slimani Laila, saya dari Prancis,” ucap Laila meski terbata-bata. Perkenalan Laila selanjutnya disampaikan dengan bahasa Inggris dan Prancis.

Perkenalan Laila menjadi pembuka acara promosi Universitas Nusa Putra di SMK Negeri II Kota Sukabumi. Keikutsertaannya, merupakan bagian dari rencana kegiatan mahasiswi Universite dAvignon, Prancis ini sebagai mahasiswa internship di Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi.

Dalam kunjungan kali ini, Laila dan 12 orang Duta Kampus lainnya berkesempatan berbagi motivasi kepada siswa-siswi kelas XII SMK Negeri II, Kota Sukabumi untuk melanjutkan pendidikannya ke tingkat Perguruan Tinggi (PT), dan berbagi informasi mengenai program-program yang ada di Universitas Nusa Putra di 12 kelas berbeda.

Antusiasme dan sambutan hangat ditunjukan pihak sekolah dan para siswa kepada para Duta Kampus. Salah satu guru, Nasrullah mengaku sangat senang dengan kedatangan Duta Kampus Universitas Nusa Putra. Karena menurutnya, Universitas Nusa Puta merupakan alternatif kampus bagi siswa-siswi di sekolahnya.

“Karena di Nusa Putra itu bisa kuliah dengan biaya terjangkau dan juga banyak bule-bulenya yah, sehingga anak-anak pun dapat termotivasi,” kata guru Bimbingan Konseling (BK) ini seusai acara.

Loading...
Slimani Laila (berdiri, tidak berkerudung) berfoto bersama seusai acara dengan siswa-siswi salah satu kelas XII SMK Negeri 2 Kota Sukabumi.

Tanggapan sama disampaikan salah satu siswi kelas XII, Aisah Ria Zahra yang mengatakan mendapat banyak informasi mengenai program-program perkuliah di Universitas Nusa Putra dari kunjungan Duta Kampus ini. Aisah bahkan sudah memutuskan untuk kuliah di Uiversitas Nusa Putra.

“Saya akan daftar dan mengambil jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) atau Desain Komunikasi Visual (DKV),” ujar Aisah.

Tak berbeda dengan Aisah, siswi lainnya, Luvita juga telah memutuskan akan melanjutkan pendidikannya di Universitas Nusa Putra. Siswi kelas XII jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) ini sangat tertarik dengan penjelasan program-program jurusan dan program beasiswa yang ada di Universitas Nusa Putra.

“Saya tidak akan berpikir dua kali untuk daftar di Universitas Nusa Putra. Dan yang membuat saya lebih tertarik lagi, yaitu ada program pertukaran mahasiswa dengan mahasiswa asing,” kata Luvita.

Setelah kunjungan di SMK Negeri II Kota Sukabumi selesai, Duta Kampus melanjutkan kegiatan promosinya ke SMK Hassina, Sukabumi. Lima orang Duta Kampus tampil memberikan informasi di lima kelas XII.

Hari kedua kegiatan promosi, giliran SMA Negeri I Cikidang yang mendapat kunjungan. Kali ini, tiga orang Duta Kampus dan Laila berkesempatan bertemu siswa-siswi kelas XII di tiga kelas berbeda.

Seperti kunjungan sebelumnya, para data kampus kembali berbagi informasi mengenai program Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), program beasiswa, Unit Kegiatan Kampus/Mahasiswa (UKK/UKM) dan pilihan program studi di Universitas Nusa Putra, serta berbagi motivasi agar siswa-siswi dapat melanjutkan studinya ke jenjang PT.

Slimani Laila (berdiri, tidak berkerudung) memperkenalkan diri dihadapan siswa-siswi SMAN 1 Cikidang.

Ditanya soal kesan kunjungannya ke sekolah-sekolah setelah acara promosi, Laila mengatakan sangat suka bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Karena, aku merasa aku sedang melakukan sesuatu yang mungkin saja akan membantu masa depan mereka dan juga Universitas Nusa Putra,” kata Laila.

“Itu membuatku percaya diri untuk membantu orang lain karena aku bisa berbicara dengan banyak orang dan juga melihat seberapa besar Sukabumi. Berbicara bahasa inggris, dan juga bahasa Prancis dengan siswa-siswi SMA dan bertemu orang baru yang sangat menarik,” ujarnya.

Terpisah, Marketing Universitas Nusa Putra, Elok Setianingtyas, menjelaskan setiap tahun, Universitas Nusa Putra selalu mengangkat duta-duta kampus dari mahasiswa, sebagai bagian dari tim promosi kampus.

“Setiap tahun kami juga selalu mengajak mahasiswa luar negeri yang intership atau full kuliah di sini untuk ikut berpartisipasi. Sebelumnya kami berikan dulu mereka training singkat mengenai program-program Nusa Putra, dan semuanya selalu antusias saat kami ajak,” tandas Elok. (veg/adv)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button