Catat Tanggalnya, HMTI dan HIMAKA Universitas Nusa Putra Menggelar Webinar Nasional Fintech

  • Whatsapp
Webinar Finteck Universitas Nusa Putra

SUKABUMI – Kemajuan teknologi yang tengah terjadi membuat sistem keuangan berevolusi menjadi berbasis teknologi. Hal tersebut berhasil melahirkan berbagai macam financial technology atau yang lebih dikenal dengan sebutan Fintech.

Financial Technology merupakan sebuah inovasi yang memanfaatkan teknologi pada industri jasa keuangan. Produk yang dihasilkan oleh Fintech ini berupa suatu sistem yang dibuat untuk menjalankan mekanisme transaksi keuangan yang spesifik. Di Indonesia sendiri terdapat empat jenis Fintech yaitu Peer to Peer Lending (P2P), manajemen risiko dan investasi, market aggregator, serta payment, clearing and settlement.

Bacaan Lainnya

Dengan adanya Peer to Peer Lending (P2P) membuat pengiriman uang dan peminjaman uang menjadi lebih mudah dengan tanpa perlu mengunjungi bank. Lain halnya dengan manajemen risiko dan investasi yang dapat membantu dalam mengelola keuangan pribadi menjadi lebih praktis.

Lalu dengan adanya market aggregator yang menyediakan segala informasi yang berkaitan dengan keuangan sehingga pengguna informasi tersebut dapat mengambil keputusan yang lebih baik dalam hal keuangan.

Payment, clearing and settlement menjadi jenis fintech yang banyak digunakan, karena dapat memudahkan proses pembayaran dengan hanya melalui smartphone. Dengan adanya fintech, segala transaksi keuangan semuanya dapat dilakukan secara online atau hanya dengan mengklik pada smartphone tanpa perlu keluar rumah.

Selain itu, fintech juga memiliki peranan terhadap pencapaian dalam 17 tujuan Pembangunan Berkelanjutan ingin dicapai pada 2030. Peranan tersebut berkaitan dengan akses perbankan dan layanan keuangan yang dapat menjangkau semua kalangan.

Webinar Nasional Financial Technology dengan tema Financial Technology for SDG’S 2030: WHAT IS IT? AND HOW TO MAKE IT? yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMAKA) Universitas Nusa Putra akan dilaksanakan pada Minggu, 15 Agustus 2021 Pukul 08.00 WIB. Tentunya dengan para pembicara yang menarik yaitu Dedy Irwan Prihandoko, M.Si. CNLA (Kepala Seksi Aktuaria PT Asuransi Ramayana, Tbk) dan Syarif Hidayatullah (Senior Data Consultant Delloite Ex Gojek – Google Certified)

Pada webinar ini akan dijelaskan pengetahuan mengenai fintech, serta proses dalam pembuatannya yang mampu membantu dalam pencapaian 17 tujuan yang terkandung dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Pembangunan Berkelanjutan khususnya untuk poin 1 (tanpa kemiskinan) dan poin 8 (pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi). Sehingga dapat diketahui fintech yang tepat untuk mencapai poin 1 dan poin 8 dalam Pembangunan Berkelanjutan tersebut.

Webinar ini terbuka untuk umum lho! Tidak lupa juga ada doorprize menarik. Catat tanggalnya dan jangan lupa registrasi pada link berikut dengan htm 20k:

https://bit.ly/Webinar_Fintech_AKTI

Webinar Nasional Universitas Nusa Putra

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *