Memproses Citra Digital dengan Pyhton

  • Whatsapp
BSI-pyhton

SUKABUMI – Pengolahan citra (image processing) merupakan proses mengolah piksel-piksel dalam citra digital untuk suatu tujuan tertentu.

Melalui kesempatan ini, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi kembali melaksanakan pekan ilmiah series 2, untuk dosen dan mahasiswa sebagai bentuk dukungan institusi terhadap dosen dan mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Bacaan Lainnya

Pekan ilmiah kali ini berupa webinar Python for Image Processing bertajuk ‘Image Classification using Python’ berlangsung pada Jum’at (1/10) secara daring dengan menghadirkan Siti Khotimatul Wildah sebagai pembicara. Ia merupakan salah satu dosen Universitas BSI yang menguasai bidang image processing menggunakan python.

Siti Khotimatul Wildah atau sapaan akrabnya Wiwil, menjelaskan tentang image processing, bidang image processing, serta studi studi kasus klasifikasi jenis jaringan kanker kolorektal.

“Image processing merupakan bidang yang bersifat multidisiplin, yang terdiri dari banyak aspek, antara lain fisika (optik, nuklir, gelombang, dll), elektronika, matematika, seni, fotografi, dan teknologi komputer,” tutur Wiwil dalam paparan materinya.

Menurutnya, image processing memiliki hubungan yang sangat erat dengan disiplin ilmu yang jika sebuah disiplin ilmu dinyatakan dalam bentuk proses suatu input menjadikan output. Maka pengolahan citra memiliki input berupa citra serta output berupa citra.

“Image processing merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual. Proses ini memiliki ciri data masukkan dan informasi keluaran yang berbentuk citra,” ujarnya.

Lanjutnya, istilah image processing secara umum didefinisikan sebagai pemrosesan citra dua dimensi dengan komputer.

Dalam definisi yang lebih luas, pengolahan citra digital juga mencakup semua data dua dimensi.

“Ada beberapa alasan kenapa harus dilakukan image processing, salah satunya untuk mendapatkan citra asli dari suatu citra yang buruk karena pengaruh derau (noise). Hal ini dilakukan bertujuan untuk mendapatkan citra yang diperkirakan mendekati citra sesungguhnya,” tuturnya.

Ia memaparkan, ada beberapa bidang yang bisa dimasuki oleh image processing seperti bidang komputer, kedokteran, industri, perdagangan, militer, geologi, dan hukum.

Ketua program studi (kaprodi) Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Sukabumi, Rizal Amegia Saputra, mengatakan bahwa webinar ini sangat menarik karena memberikan pengetahuan tentang python serta penggunaannya serta implementasi pada bidang Image processing.

“Semoga webinar ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang penggunaan python dalam image processing. Bagi peserta semoga bisa menunjang dalam penelitian mereka agar mendapatkan hasil berkualitas,” tandas Rizal. (*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *