Keren, Mahasiswa UBSI Ciptakan Aplikasi Balavas

  • Whatsapp

SUKABUMI – Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Sukabumi, Aira Elzahra berhasil merancang sebuah aplikasi untuk membantu para peneliti di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) dalam mengarsipkan varietas tanaman plasma nutfah hasil penelitiannya.

Aplikasi yang dinamakan Balittri Arsip Varietas (BALAVAS) ini merupakan program komputer berbasis web yang didalamnya terdapat semua data arsip varietas yang diinput oleh masing-masing peneliti varietas tanaman plasma nutfah yang ada di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar.

Bacaan Lainnya

Bertempat di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Aira selaku pencipta aplikasi Balavas didampingi Ketua Program Studi Ilmu Komputer Universitas Bina Sarana Informatika Kampus Sukabumi, Denny Pribadi, menyerahkan secara resmi aplikasi Balavas kepada Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Tri Joko Santoso yang ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima pada, Rabu (18/11).

Dikatakan Aira, masing-masing peneliti tidak bisa melihat data varietas peneliti lain selain data peneliti tersebut, yang berwenang untuk melihat semua data arsip varietas hanya admin saja.

“Data arsip ini masih belum bisa di publikasi oleh Balittri karena ada beberapa tanaman bermutu yang dirahasiakan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian tanaman varietas yang bermutu di lahan pertanian varietas di Balittri, ” ujar mahasiswi semester VII Prodi Ilmu Komputer UBSI kampus Sukabumi ini.

Sementara itu, Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar, Tri Joko Santoso mengucapkan terima kasih atas aplikasi yang diciptakan oleh mahasiswa UBSI Kampus Sukabumi. Menurutnya dengan aplikasi ini sangat membantu bagi pihaknya.

“Tentunya aplikasi ini sangat bermanfaat bagi peneliti-peneliti kami dalam menunjang pekerjaannya. Kedepannya kami sangat terbuka untuk bekerjasama dengan Universitas Bina Sarana Informatika dalam hal penelitian dan penempatan mahasiswa yang ingin PKL maupun KKN,” ucapanya.

Di kesempatan yang sama Ketua Program Studi Ilmu Komputer UBSI Kampus Sukabumi Denny Pribadi, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar atas kesempatan dan penerimaan yang baik bagi mahasiswanya yang telah melaksanakan PKL di Balittri.

“Semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika, khususnya Program Studi Ilmu Komputer yang dapat mengaplikasikan ilmunya dan bermanfaat bagi masyarakat”.pungkasnya. (wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *