8 Jurusan IT dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Jurusan IT UBSI

SUKABUMI– Kemajuan teknologi kian berkembang, seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan peradaban manusia. Berbagai inovasi telah diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Tak ayal, di masa depan, teknologi menjadi sebuah acuan pilar negara dikatakan sebagai negara maju.

Kemunculan perusahan rintisan baru atau startup, membuat prospek karier lulusan IT (Information Technology) mendulang kesuksesan bagi pemilihnya. Pasalnya, banyak perusahaan dari berbagai bidang industri memerlukan pelakon IT untuk mendongkrak kemajuan perusahaan juga.

Bacaan Lainnya

Bahkan dilansir dari LinkedIn, bidang IT sukses menduduki posisi 10 besar pekerjaan yang paling banyak memiliki permintaan dari perusaahan.

Bidang IT, tak melulu bergulat dengan ilmu coding atau pemrograman, ada banyak jurusan IT yang mempelajari ilmu lainnya.

Berikut 8 jurusan kuliah IT yang memiliki prospek kerja menjanjikan:

1. Teknologi Komputer

Jurusan ini mempelajari perangkat komputer baik hardware maupun software dan sistem jaringan telekomunikasi. Lulusan teknologi komputer dapat bernaung sebagai software engineer, arsitek jaringan komputer, hardware engineer, game developer, consultant IT, hingga robotics engineer.

Rahmat Adi Purnama selaku ketua prodi Teknologi Komputer, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) mengatakan bahwa, jurusan teknologi komputer merupakan kombinasi antara ilmu komunikasi dengan ilmu komputer yang terintegrasi dengan ilmu teknik elektro, sehingga memberikan prospek kerja yang menjanjikan.

2. Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi berfokus pada bidang software, namun lebih memperdalam penerapan bisnis pada perusahaan. Jurusan ini mempelajari bagaimana cara mendesain sistem yang sesuai tujuan perusahaan dengan kebutuhan proses bisnis.

Sementara itu, Sriyadi selaku ketua prodi Sistem Informasi Universitas BSI mengungkapkan bahwa, lulusan sistem informasi memiliki prospek kerja sebagai system administrator, object programmer, database administrator, IT business analyst, analyst system hingga web atau mobile developer.

3. Teknik Industri

Pemanfaatan teknologi dan sektor manufaktur berbasis internet dan bisnis digital, menjadikan jurusan teknik industri mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen ataupun teknik.

Teknik industri berfokus berfokus pada perancangan, peningkatan dan pemasangan sistem yang terintegrasi dengan peran manusia, material, peralatan dan energi.

Miwan Kurniawan selaku Kaprodi Teknik Industri Universitas BSI menjelaskan bahwa prospek kerja lulusan teknik industri terbentang luas, seperti production planning and inventory control (PPIC) manager, quality management system (QMS) Manager, Marketing Manager.

4. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer berfokus pada sains dan komputer yang mempelajari komputasi hardware maupun software. Jebolan ilmu komputer akan memiliki kemampuan di bidang programming dan keterampilan analisis riset serta problem solving.

Rachmat Adi Purnama selaku ketua prodi ilmu komputer Universitas BSI mengatakn bahwa, lulusan ilmu komputer dapat menjadi data scientist yang dapat menentukan objektif bisnis, tujuan teknis data science hingga laporan akhir proyek data science.

Prospek kerja ilmu komputer sangat dibutuhkan dalam berbagai instansi, dengan kompetensi yang dimiliki, lulusan ilmu komputer dapat berprofesi sebagai analis program, web developer, mobile computing, technopreneur hingga technical support.

5. Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntasi merupakan jurusan yang menggabungkan dua bidang ilmu sekaligus, yakni akuntansi dan komputer. Penggunaan teknologi informasi juga membantu akuntan dalam menciptakan laporan keuangan secara lebih efisien.

Penggunaan teknologi juga membantu meminimalisir kesalahan yang disebabkan human error, hingga kemudahan penyimpanan data.

Adi Supriyatna selaku ketua prodi sistem informasi akuntansi Universitas BSI mengungkapkan bahwa, jebolan jurusan ini akan memiliki keterampilan dalam mengembangkan perangkat lunak untuk membangun aplikasi akuntansi.

Prospek kerja yang cocok bagi lulusan ini adalah accounting analyst, data entry supervisor, programmer, accounting software implementor, analisis manajemen bisnis, hingga analis sistem komputer.

6. Teknik Elektro

Teknik elektro merupakan salah satu karier keren dan menantang di era digital. Implementasi listrik dalam kehidupan sehari-hari, membuat lulusannya mampu menciptakan Internet of Things (IoT) atau menjadi ahli robotic.

Suryanto selaku ketua prodi Teknik Elektro Universitas BSI menjelaskan bahwa, jurusan teknik elektro dibekali dengan ilmu pengetahuan konsep perancangan dan produksi elektronik.

Prospek kerja lulusan teknik elektro tak hanya dapat menjadi ahli robotic, melainkan juga dapat menjadi spesialis sistem jaringan, teknisi sonar & radar, perancang teknisi elektro, product manager, hingga perencanaan produk otomatif. Pentingnya keberadaan IoT dalam membentuk smart city, membuat lulusan teknik elektro banyak dibutuhkan perusahaan maupun industri.

7. Teknologi Informasi

Peluang kerja di bidang teknologi yang semakin meningkat, membuat lulusan teknologi informasi pun sangat dibutuhkan. Teknologi informasi merupakan jurusan yang mengarah pada engineering. Sehingga lulusannya memiliki keahlian di bidang perancangan teknologi, impelementasi, pengembangan dan manajemen terhadap sistem informasi yang berbasis komputer baik hardware maupun software.

Hendra Supendar selaku Kaprodi Teknologi Informasi Universitas BSI mengatakan bahwa, prospek kerja bagi jebolan ini meliputi, IT consultant, network engineer, software developer, IT Support Analyst, System Analyst, Business Analyst, cyber security analyst, hingga system administrator.

8. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Jurusan ini berkutat dengan teknik dan prinsip dalam membuat software. Lulusan RPL akan memiliki keterampilan desain dan analisis algoritma, pemrograman, dan penggunaan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem informasi dan aplikasi.

Ahmad Setiadi selaku Kaprodi RPL Universitas BSI juga menjelaskan bahwa lulusan RPL mendukung ekonomi kreatif dan era society 5.0 dengan menghasilkan SDM profesional dan andal serta berkompeten sesuai kebutuhan dunia industri.

Lulusan RPL juga mampu menguasai software development yang dapat diimplementasikan secara langsung dengan perkembangan ekonomi. Prospek kerja jebolan RPL meliputi, developer IT, programmer, konsultan IT, sistem analis, database engineer dan web engineer.(*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan