Lulusan Public Relations Bisa Jadi Apa?

Public Relations UBSI

SUKABUMI– Public Relations atau disebut juga sebagai Hubungan Masyarakat (Humas) merupakan salah satu jurusan yang diminati di berbagai perguruan tinggi. Lantaran, keahlian dibidang ini sangat dibutuhkan di dunia kerja.

Dalam mendalami Public Relations, perlu menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi.

Bacaan Lainnya

Kemudian, lulusan Public Relations bisa jadi apa sih? Yuk, simak informasi berikut

1. Spesialis kerja public relations

Profesi ini yang menanggapi permintaan informasi dari media, menulis press release serta membangun dan mempertahankan hubungan kerja sama dengan pihak eksternal perusahaan.

Selain itu, spesialis hubungan masyarakat, juga miliki tugas untuk menjaga kepercayaan public dan persepsi tentang prestasi perusahaan, agenda dan tanggung jawab lingkungan.

2. Tenaga pendidik

Keterampilan yang dimiliki di bidang public relations, membuat profesi sebagai tenaga pendidik terbuka lebar. Seorang lulusan Public Relations dapat mengajarkan tentang cara berkomunikasi yang baik dengan keahlian yang dimiliki. Profesi ini juga dapat bekerja secara mandiri.

3. Copywriter

Profesi ini menjadi sangat penting di perusahaan. Lantaran, seorang copywriter bertanggung jawab untuk menulis teks dengan pilihan kata yang tepat untuk disajikan pada klien atau kebutuhan iklan dan melakukan revisi teks, sehingga sesuai dengan keinginan klien.

Copywriter juga mengawasi tahapan produksi dengan bekerja sama dengan berbagai profesi lainnya, misalkan desainer, illustrator, fotografer dan perusahan produksi.

4. Manajer Layanan Sosial dan Komunitas

Seorang lulusan Public Relations dapat menjadi manajer layanan sosial dan komunitas. Profesi ini membutuhkan keahlian lulusan humas dalam bidang koordinasi, berpikir kritis, persuasi, manajamen waktu dan kemampuan menyampaikan informasi secara efektif pada orang lain.

5. Staf Humas

Menjalani karier sebagai staf hubungan masyarakat (Humas) sudah pasti sangat selaras dengan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan Public Relations. Humas akan dibutuhkan di perusahaan untuk membangun relasi yang baik dengan berbagai pihak.

Selain itu, humas juga bertugas untuk mengembangkan dan menjaga citra perusahan, termasuk pada penggunaan tanda tangan dan logo perusahaan.

Berikut beberapa jawaban dari ‘Lulusan Public Relations Bisa Jadi Apa?’ jika sewaktu-waktu kamu ditanya atau buatmu yang berminat pada jurusan ini.

Nah, untuk yang berminat masuk jurusan Public Relations/Humas, dapat mendaftarkan diri ke salah satu perguruan tinggi swasta besar di Indonesia, yaitu Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) yang juga sudah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB).

Kampus ini sudah membuka PMB untuk perkuliahan bulan September 2022. PMB Universitas BSI sudah masuk pada gelombang 3, dan akan berakhir pada 7 Juni 2022 mendatang. Untuk melakukan pendaftaran, cukup mengunduh aplikasi PMB-UBSI di playstore secara gratis atau melalui website https://bsi.pmbonline.id/.

Jurusan Public Relations/Humas Universitas BSI ini tersebar di beberapa kampus, antara lain di Universitas BSI kampus Fatmawati, Universitas BSI kampus Ciledug, Universitas BSI kampus Margonda, Universitas BSI kampus Cengkareng, Universitas BSI kampus Kaliabang, Universitas BSI kampus Kalimalang dan Universitas BSI kampus Pemuda.

Selain itu, pembayaran kuliah di Universitas BSI juga bisa dilakukan dengan cicilan, sebesar 600 ribuan perbulannya, melalui aplikasi Danacita(*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan