Siswa SMPN 2 Kota Sukabumi Jadi Delegasi Bintang Sobat Nasional 

SMPN 2 Kota Sukabumi
Kepala SMPN 2 Kota Sukabumi, Arham saat mendampingi Firaz di kegiatan Bintang Sobat 2024 jenjang SMP tingkat nasional

SUKABUMI – Firaz Rizky Arifin, siswa SMP Negeri (SMPN) 2 Kota Sukabumi menjadi satu-satunya perwakilan Kota Sukabumi untuk mengikuti ajang lomba Bintang Sobat 2024 jenjang SMP tingkat nasional yang diselenggarakan Kemendikbudristek RI, pada 9-12 Juli 2024 di Jakarta.

Bintang Sobat sendiri merupakan program untuk menjaring peserta didik jenjang SMP yang berjiwa Profil Pelajar Pancasila dan dapat menjadi role model teman sebaya sebagai ekosistem pendukung dalam memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi peserta didik di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Adapun untuk mengikuti kegiatan tersebut peserta mendaftartar terlebih dahulu serta dilakukan serangkaian tes seleksi yang cukup ketat, jika berhasil lolos para peserta nantinya akan memiliki pengalaman baru, teman baru dari seluruh Indonesia, pelatihan bidang kreatif, digital dan softskil dan sertifikat elektronik selama aktif satu tahun sebagai Bintang Sobat SMP.

Kepala SMPN 2 Kota Sukabumi Arham mengungkapkan rasa bangganya dan juga sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh peserta didiknya itu. apalagi menurutnya Firaz bukan hanya mewakili Kota Sukabumi tetapi sudah mewakili Jawa Barat untuk bisa mengikuti ajang bergengsi tersebut.

Arham mengaku, pihaknya memberikan keleluasaan kepada para siswa agar mengembangkan dan mengasah bakat dibidang akademik maupun non akademik. Bahkan untuk Firar sendiri tidak dilakukan seleksi tingkat sekolah, tetapi pihaknya mempersilahkan kepada siswa yang siap dan mampu serta memiliki potensi untuk mengikuti ajang duta Bintang Sobat SMP.

“Tentunya sebagai kepala sekolah saya sangat bangga atas pencapaian Firaz yang berhasil lolos ke tingkat nasional mewakili Kota Sukabumi sekaligus Jawa Barat di kegiatan Bintang Sobat 2024,” terangnya.

Arham berharap selesai mengikuti kegiatan Bintang Sobat ini, Firaz mampu menjadi role mode teman sebaya dan dapat menjadi motivasi bagi teman-temannya khususnya di SMPN 2 ke hal-hal yang bersifat positif.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi Martin Wahyudi menyampaikan bahwa kegiatan Sahabat Bintang ini akan berlangsung di Ancol pada hari Selasa. Pelatihan yang akan diikuti meliputi konten media sosial, desain grafis, dan public speaking.

Martin berharap, Firaz dapat menjadi role model dan Duta Kebaikan bagi siswa-siswi SMP lainnya melalui program “Goes to School”.
“Dari total 1.552 peserta awal, seleksi tahap kedua menyisakan 782 peserta, kemudian diseleksi kembali menjadi 72 orang, dengan 11 peserta berasal dari Jawa Barat, termasuk Kota Sukabumi,” pungkasnya. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *