Pengalaman WNA Non Muslim Rasakan Ramadan di Sukabumi

  • Whatsapp
SEMRINGAH: Niels Vuegen salah satu mahasiswa Internship Internasional Universitas Nusa Putra asal Belgia berfoto sambil tersenyum dengan berlatar belakang Kampus Nusa Putra.

Niels Vuegen, Mahasiswa Nusa Putra Asal Belgia Kagum Suasana Ramadan

Bulan puasa merupakan momen yang selalu ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Menahan makan dan minum hingga matahari terbenam mungkin menjadi hal biasa bagi warga muslim saat menjalankan ibadah puasa. Namun bagaimana bila ceritanya warga non-muslim berada di lingkungan mayoritas umat Islam dan harus ikut merasakan pengalaman puasa selama Ramadan?

Laporan : Widi Fitria, SUKABUMI

Seperti pengalaman menarik diceritakan Warga Negara Asing (WNA) asal Belgia yang memiliki pengalaman unik saat pertama kali dirinya harus ikut merasakan suasana bulan Ramadan di Sukabumi.  Adalah Niels Vuegen, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Internship Internasional di Universitas Nusa Putra Sukabumi ini mengaku sempat kaget dan terkagum-kagum saat pertama kali melihat suasana bulan puasa.

Niels baru dua bulan berada di Sukabumi, di mana pertama kalinya ia berada pada suasana bulan Ramadan, sebab selama di Belgia ia tidak pernah merasakan suasana Ramadan seperti orang-orang beramai-ramai berburu takjil di sore hari serta membagi-bagikan makanan atau takjil secara gratis.

“Sempat kaget dan bingung karena saya tidak biasa dengan suasana ini, selama bulan puasa saya kesulitan mencari makan karena tidak ada yang buka di siang hari,” ujar mahasiswa Belgia,17 November 1996 itu.
Namun seiringnya waktu, Niels pun mulai terbiasa dan menyukainya terutama saat berbuka puasa.
“Sangat suka terutama pada waktu berbuka puasa, orang-orang terlihat bahagia dan banyak makan di mana-mana,” terangnya.

Niels pun pernah mencoba ikut berpuasa namun karena tidak biasa, ia pun hanya berpuasa sampai tengah hari. Namun meski begitu ia pun sangat menghormati umat muslim saat berpuasa. Bahkan mahasiswa yang saat ini sedang mendalami ilmu akunting di Universitas Nusa Putra (UNP) banyak pengalaman dan ilmu yang ia tahu tentang puasa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *