PENDIDIKAN

MAN 2 Tanamkan Cinta Islam

Pelajar Dilatih Memakmurkan Masjid

PENDIDIKAN SUKABUMI – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Sukabumi memperingati Isra Miraj di aula sekolah, Kamis (11/4).

Peringatan Isra Miraj diikuti Kepala MAN 2, para guru dan seluruh siswa dengan menghadirkan dua penceramah besar yaitu Al Habib Abdullah bin Ja’far Assegaf, dan Al Habib Sholeh bin Muhammad Assegaf.

Mengusung tema “Mewujudkan generasi rabbani dengan menjunjung tinggi akhlak nabawi untuk mengabdi pada Ilahi”, kegiatan tersebut rutin dilaksanakan MAN 2 Kota Sukabumi dalam memperingati hari-hari besar perayaan Islam juga sesuai dengan Visi dan Misi MAN 2 Kota Sukabumi yaitu unggul dalam ilmu berlandaskan iman dan takwa.

Kepala MAN 2 Kota Sukabumi Isep menuturkan, peringatan Isra Miraj yang diikuti ratusan pelajar MAN 2 ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta terhadap agama Islam, dan budaya Islam di Indonesia pada diri masing-masing siswa. Tentunya juga agar siswa paham mengenai Isra Miraj.

“Tadi juga sempat penceramah pertama menjelaskan tentang apa itu Isra Miraj, Isra Miraj merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa.

” Tentunya ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari perjalanan Nabi ini, menggambarkan bagaimana mengubah hal-hal yang tidak baik menjadi baik oleh para pelajar di MAN 2 Kota Sukabumi ini,” tuturnya.

Dikatakannya, peringatan Isra Miraj dilaksanakan selama dua hari, yang Rabu (10/4) di mana di hari pertama diadakan acara peresmian Masjid Aisyah Ummul Mukminin MAN 2 Kota Sukabumi.

“Alhamdulilah, kemarin kita baru saja meresmikan masjid baru kami dan pada peresmiannya dihadiri oleh Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kota Sukabumi, para komite sekolah, guru, muspida dan muspika serta keluarga besar MAN 2 Kota Sukabumi,” ulasnya.

Dengan adanya masjid baru ini, ia berharap para siswa dan juga DKM untuk bisa memakmurkan masjid, yaitu dengan membiasakan siswa MAN 2 salat Duha sebelum KBM dimulai, salat berjamaah Zuhur dan Ashar, salat Jumat dengan masyakat yang ikut, pengajian mingguan siswa kajian kitab kuning, istigasah sebelum UNBK, pembacaan salawat, menyambut hari besar Islam.

“Untuk kegiatan-kegiatan tadi sebenarnya suidah rutin dilaksanakan, hanya saja karena sekarang masjidnya sekarang baru dan lebih besar tentunya yang melaksanakannya juga harus lebih banyak lagi,” terangnya.

Selain meresmikan masjib baru, acara dilanjut dengan membuka festival perlombaan antar pelajar SMP/MTs se- Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Dikatakannya, festival ini menghadirkan empat macam perlombaan seperti MTQ untuk tingkat MTs/SMP, lomba MHQ untuk tingkat SMP/MTs, lomba dakwah islam tingkat SMP/MTs dan lomba nasyid untuk tingkat umum.

“Jadi selain untuk pelajar SMP dan MTS kita juga buka untuk umum seperti SMA, kuliah bisa juga masyarakat,” tutupnya. (wdy)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button