Lilis Wulansari, Penggiat Literasi Kota Sukabumi Mengukir Prestasi di Festival Literasi Nasional

Lilis Wulansari Kepala SDN Cipanengah Kota Sukabumi
Lilis Wulansari Kepala SDN Cipanengah Kota Sukabumi usai menerima penghargaan juara Adi Acarya Award Tahun 2024 dalam FLN di Tirtonadi Convention Hall Kota Surakarta.

RADAR SUKABUMI – Lilis Wulansari, Kepala SDN Cipanengah Kota Sukabumi berhasil mengharumkan nama Kota Sukabumi dalam Festival Literasi Nasional (FLN) Tahun 2024.

Lilis dinyatakan lolos sebagaj 30 Nominee Adi Acarya Award oleh panitia FLN dan diundang untuk datang menghadiri puncak Acara FLN dimana akan diumumkan para juara lomba berbagai kategori dan 3 besar juara Adi Acarya Award Tahun 2024 bersama para Nominee lainnya di Tirtonadi Convention Hall Kota Surakarta.

Bacaan Lainnya

Widi Fitria — Sukabumi

Pada awalnya Lilis tidak percaya dia masuk salah satu dari 30 nominasi Adi Acarya Award. Karena Lilis tahu bahwa peserta lomba ini berasal dari para penulis dan penggiat literasi hebat dari seluruh Indonesia tentunya persaingannya sangatlah ketat. Oleh karena itu ketika dinyatakan lolos sebagai 30 nominee Adi Acarya Awards Lilis sudah sangat bersyukur dan merasa bangga atas kepercayaan yang telah diberikan padanya.

Karena sebelumnya Lilis tak berharap banyak pada event lomba ini, Lilis hanya ingin turut serta berpartisifasi dalam kegiatan Akademisi Menulis Buku yang bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi siswa, rekan guru penulis dan penggiat literasi lainnya.

“Tentunya kaget bukan kepalang ketika Lilis diumumkan oleh panitia FLN berhasil meraih salah satu dari 3 juara “Adi Acarya Award Tahun 2024 untuk kategori Dedikasi Pendidikan dan Literasi pada puncak acara Festival Literasi Nasional (FLN) tersebut yang diselenggarakan pada tanggal 27-28 April 2024 di Tirtonadi Convention Hall Kota Surakarta oleh Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nyalanesia,” ucapnya sumeringah.

Adi Acarya Adwards ini, diberikan kepada pemenang untuk kategori Produktivitas dalam Berkarya, kategori Karya Terbaik dan juga kategori Dedikasi Literasi dan Pendidikan. Lilis yang ketika mengikuti Program Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) dan Akademisi Menulis Buku Nyalanesia saat itu masih menjabat sebagai guru dan Koordinator Gerakan Literasi Sekolah “Spansa JeLiTa di SMPN 1 Kota Sukabumi dan saat ini Lilis pun telah menginisiasi dan semakin aktif menggelorakan beragam kegiatan literasi GLS Cemara (Cipanengah Gemar Membaca dan Berkarya) di SDN Cipanengah Kota Sukabumi.

Selama ini Lilis aktif mengajak dan membersamai siswa dan rekan-rekan guru untuk melaksanakan beragam kegiatan literasi di sekolah, berkarya bersama menulis buku dengan beragam genre seperti puisi, cerpen, carpon, artikel, pantun dan gurindam mulai tingkat kota Sukabumi, sampai tingkat ASEAN.

Selain itu Lilis pun sering mengikuti dan berpartisifasi aktif dalam kegiatan Festival dan Wisata literasi Nusantara dan ASEAN. Sehingga pada Festival Literasi Nasional Tahun 2021 Lilis sempat dinobatkan sebagai salah satu Nominee Teacher Literacy Award tingkat Nasional.

Berkat dedikasi, konsistensinya serta prestasinya dalam meningkatkan kompetensi literasi siswa dan rekan sejawat baik di lingkungan intern sekolahnya, maupun di komunitas penulis, dan penggiat literasi, maka wajar jika Lilis lolos sebagai salah satu juara Adi Acarya Award tahun 2024.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *