Kontribusi Nyata UMMI Membangun Daerah Sukabumi dalam Research Day LPPM UMMI 2022

#image_title

SUKABUMI – Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melaksanakan kegiatan Research Day LPPM UMMI Tahun 2022 kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium UMMI pada Kamis (22/12/22).

Kegiatan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sakti Alamsyah.

Bacaan Lainnya

Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sakti Alamsyah dalam sambutannya mengatakan, banyak maksud yang dapat disampaikan dalam kegiatan Research Day ini yang dimana bisa menjadi sumber informasi, pengetahuan baru, dan bahan rujukan bagi pengembangan daerah dan untuk menginformasikan kepakaran dan keilmuan dosen UMMI kepada stakeholder serta memberikan aksi nyata akan adanya kontribusi UMMI melalui hasil riset dosen sehingga dapat dimanfatkan oleh SKPD Kota dan Kabupaten Sukabumi pada khususnya dan mitra pada umumnya.

“Dosen yang menyampaikan materi, teori, ataupun pengajaran harus sudah teruji kebenarannya melalui Riset yang dilaksanakan oleh seluruh dosen yang ada di UMMI, yang dimana saat ini saya mendorong kepada sleuruh dosen yang sedang melakukan Studi lanjut S3 untuk segera menyelsaikan studinya dan kami berharap pada tahun 2032 UMMI dosen yang bergelar doktor mencapai 75%, adanya kegiatan ini kami UMMI menyampaikan hasil riset dan kami siap Berkontribusi besar kepada Pemerintah Kota Maupun Kabupaten Sukabumi,” terang Sakti.

Sementara itu, Ketua LPPM UMMI Asep Muhamad Ramdhan menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan yang dimana menurut Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional berkewajiban untuk menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi), dan UMMI melalui LPPM sudah melaksanakn dua pertiga dari Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut.

Dalam laporannya, Asep menyebutkan ada 13 penelitian yang lolos seleksi di Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang dimana semua ini berbasis pengabdian kepada masyarakat dan skema melalui kemitraan akademik.

“LPPM UMMI menyiapkan 7 nominasi untuk para dosen dan mitra untuk penghargaan kepada para dosen yang sudah melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Asep.

Research Day LPPM UMMI Tahun 2022 turut mengundang 33 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota dan Kabupaten Sukabumi yang selama ini menjadi mitra dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya BAPPEDA Kota Sukabumi, melalui Sekretaris BAPPEDA Kota Sukabumi Galih Marelia A mengatakan, di saat paska pandemi seperti saat ini terjadi perubahan secara cepat atau distrupsi dan trasformasi yang mau atau tidak harus dilaksanakan adaptasi secara adaptif dan reponsif oleh semua pihak.

“Dengan kondisi yang demikian untuk merubah kondisi sosial yang lebih baik tentunya kami selaku pemerintah daerah tidak dapat melaukannya sendiri dan itulah pentingnya pelaksanaan kolaborasi dari berbagai pihak dalam mencapai tujuan bersama dengan memaksimalkan konsep Pentahelix yang melibatkan banyak peran,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala BAPELITBANGDA Kabupaten Sukabumi, Asep Abdul Wasit mengatakan, kegiatan ini sangat memberikan relefansi untuk tugas pokok lembaga yang saat ini pihaknya berada, dalam hal ini yang harus dilaksankan oleh BAPELITBANGDA Kabupaten Sukabumi yaitu perencanaan, penelitian dan pengembangan.

“Memang hampir di seluruh Kota maupun Kabupaten di Jawa Barat yang belum memiliki tenaga ahli dibidang Riset ini, tetapi tadi sudah disebutkan bahwa riset dan pengembangan pembangunan daerah sejatinya merupakan pondasi sebuah proses perencanaan pembangunan karna dari situlah terdapat data-data ril terupdate dan terakurat yang dimana dapat melahirkan kedepannya perencanaan pembangunan yang berkualitas,” paparnya. (adv/wdy)

Pos terkait