Kontingen FTBI Kota Sukabumi Boyong Piala Jabar

Kontingen FTBI Kota Sukabumi
Kontingen FTBI Kota Sukabumi memboyong sejumlah piala di FTBI Jawa Barat.

SUKABUMI – Perhelatan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI)  di Kabupaten Pangandaran pada 29 November-1 Desember  2022 tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar), telah mengantarkan  kontingen Kota Sukabumi meraih sejumlah kejuaraan  mengalahkan ratusan peserta dari jenjang SD dan  SMP se-Jabar.

Dalam festival lomba tersebut, Kota Skabumi berhasil meraih Juara 2 Borangan Putra SD oleh Munggarhaidar  Bassam Ibnusyati dari SDN Pintukisi, Juara 3 Maca Sajak Putra  SD oleh Darrel Tri Nurjaman dari SDN Cisarua, Juara  Harapan 1 Nembang Pupuh Putri SD diraih oleh Nabila  Khaira dari SDN Kibitay, Juara Harapan 3 Borangan Puteri SD diraih Jelita Yasmin (SDN Dayeuhluhur Kulon) dan Juara Yel-yel Favorit Jenjang  SD.

Bacaan Lainnya

Sementara jenjang SMP, Juara 3 Ngadongeng Putri SMP diraih  Falisha Zalfa Ayla dari SMPN 1 Kota Sukabumi dan Juara  Yel-yel Favorit jenjang SMP.

FTBI tingkat Jabar merupakan puncak dari rangkaian  kegiatan revitalisasi bahasa daerah dari program tahunan  Kemendikbudristek melalui Balai Pengembangan Bahasa  Daerah Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan pada 29  November-1 Desember 2022 di Kabupaten Pangandaran.

Ketua FTBI Kota jenjang SD, Tresna mengatakan, pada  perhelatan FTBI tahun ke-2 tingkat Provinsi Jabar  tahun ini bagi kontingen asal Kota Sukabumi sendiri terasa  berbeda. Pasalnya, selain dilaksanakan bersamaan baik jenjang  SD maupun jenjang SMP pada proses persiapan dan  pelaksanaannya mulai dari tingkat kota hingga hingga ke  provinsi mendapatkan dukungan penuh secara moril dan  materil dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota  Sukabumi, Wali Kota Sukabumi, seluruh sekolah dan satuan  pendidikan melaui K3S SD dan MKKS SMP.

Hal itu dibuktikan dengan adanya kegiatan  pelepasan kontingen yang secara langsung dilepas oleh Wali  Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Selain itu, dukungan materil  berupa pemberian uang kadeudeuh untuk membantu  membiayai kegiatan selama di provinsi.

“Khusus untuk jenjang SD, prestasi ini sudah luar biasa  mengingat ini adalah kali pertama ikut serta dalam ajang  pasanggiri bergengsi di tingkat provinsi. Tentu saja  pengalaman pertama ini banyak menyisakan catatan  pembelajaran dan bahan evaluasi, untuk peningkatan  keberhasilan peraihan prestasi peserta didik dalam  bidang pengembangan budaya Sunda dari Kota Sukabumi di  tahun mendatang, insya Allah,” terang Tresna.

Menurutnya, hal ini juga membuktikan  bahwa minat dan bakat dari peserta didik di Kota Sukabumi  terbilang sangat potensial.

“Hal Ini yang akan menjadi dasar  bagi kami sebagai Guru Master dan Guru Utama Program  Revitalisasi Bahasa Daerah Ini untuk tetap semangat dan lebih  gigih lagi dalam menggali, membina, mengembangkan dan  mengantarkan para peserta didik sebagai tunas penutur muda  Bahasa Sunda agar dapat meraih prestasi yang lebih untuk  bisa membanggakan Kota Sukabumi ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua FTBI Kota Sukabumi jenjang SMP  Irman Aprissa Nugraha menuturkan kebanggaannya  lantaran Kota Sukabumi mendapat beberapa kejuaraan.

“Alhamdulillah prestasi yang diraih sangat bagus, mengingat  peserta pada kontestasi ini adalah siswa-sisawa unggulan dan  terbaik dari 26 kota dan kabupaten se-Jawa Barat dan tidak  semua kota dan kabupaten dan yang ikut serta berhasil  merebut penghargaan,” terangnya.

Ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi, Mohammad Hasan Asari sangat
mengapresiasi atas perjuangan para guru pembimbing dan siswa  yang telah meraih juara di FTBI tingkat Provinsi Jabar.

“Saya mengapresiasi teman-teman yang telah berupaya keras melatih anak-anak membimbing, sehingga meraka bisa pentas  dan bersuara di FTBI Provinsi Jawa Barat, tentu itu adalah  salah satu wujud kecintaan kita terhadap bahasa, budaya dan  aspek-aspek lainnya,” tuturnya.

Pada acara pembukaan lomba FTBI tingkat provinsi di  Kabupaten Pangandaran, dihadiri langsung Kepala Disdikbud  Kota Sukabumi, Kasi Pembinaan Peserta Didik mewakili  Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Kota Sukabumi,  Pengawas Kesenian, PJPP Bahasa Sunda SMP, para K3S SD  dan MKKS SMP se-Kota Sukabumi.

Selama pelaksanaan  lomba pun turut hadir para kepala sekolah dan guru  pembimbing yang sengaja datang khusus untuk memberikan  motivasi bagi para peserta kontingen Kota Sukabumi. Kekompakan ini mendapatkan apresiasi langsung dari Kepala  Balai Pengembangan Bahasa Daerah, Prof. Syarifudin yang  menyambut kedatangan para kontingen FTBI kota dan  kabupaten sesaat sebelum acara pembukaan dimulai. (wdy)

Pos terkait