PENDIDIKAN

Kenalkan Peran Strategis Pushidrosal kepada Mahasiswa

SEMARANG, RADARSUKABUMI.com – Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Senin (12/8).Kuliah umum yang diikuti 700 mahasiswa FPIK tersebut, digelar di Gedung I Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Semarang.

Kuliah Umum tersebut, diawali dengan sambutan pembukaan oleh Dekan FPIK Undip Semarang Prof. Tri Winarni Agustini, yang menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kapushidrosal bersama Tim Pendamping di Gedung I Auditorium FPIK Undip Semarang.Dekan FPIK mengatakan kegiatan Kuliah Umum ini dalam rangka meningkatkan atmosfer Akademik serta menambah pengayaan ilmu pengetahuan bagi mahasiswa baru FPIK TA. 2019 tentang peran strategis Pushidrosal di bidang pembangunan infrastruktur data-data kelautan dan Bela Negara.

Dekan FPIK juga mengaku sangat senang sekali dan bangga serta mengucapkan terimakasih kepada Kapushidrosal yang telah menyempatkan waktu untuk berbagi pengetahuan tentang hidrografi dan oseanografi serta Bela Negara.”Hal ini penting untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa ilmu hidrografi bukan sekedar menyajikan data-data dan peta laut, tapi memiliki andil besar dalam pembangunan perekonomian dan pertahanan negara,” terangnya.

Sementara itu Kapushidrosal memaparkan tentang peran Pushidrosal dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pengembangan data data Kelautan yang akurat.Menurutnya, peraian Indonesia memiliki peran strategis dalam jalur lintasan perdagangan dunia. Indonesia sangat istimewa dan memiliki nilai strategis di sektor perairan. Oleh karena itu, sebagai konsekuensinya, Indonesia harus memberikan jaminan keselamatan dan keamanan pelayaran. Bila konsekuensi ini kita penuhi dengan baik, maka akan memberikan kontribusi besar bagi kemajuan perekonomian Bangsa. Di akhir perkuliahan, Kapushidrosal memberikan kalimat penyemangat kepada Ratusan Mahasiswa Baru FPIK Undip Semarang.”Belajar yang baik, Indonesia negara besar, jangan berkecil hati Insya Allah dengan belajar dengan sungguh sungguh Allah SWT akan memberikan Posisi yang baik pula,” pungkasnya.

 

(fri/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Back to top button