Kemenag Buka Seleksi Pendidikan Doktor di Perancis

JAKARTA— Kementerian Agama tahun ini akan membuka seleksi untuk pendidikan doktor pada perguruan tinggi di Perancis. Peluang beasiswa pendidikan ini akan diperuntukan bagi dosen dan calon dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

“Diusahakan setidaknya ada 30 (tiga puluh) dosen atau calon dosen di bidang sains dan teknologi pada PTKI yang akan diberikan beasiswa ke Perancis untuk program doktor,” kata Direktur Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Arskal Salim di Jakarta, kemarin (22/1).

Bacaan Lainnya

Menurut Arskal, pihaknya baru saja menggelar rapat dengan Kedutaan Perancis. Hadir dalam kesempatan ini, Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Suwendi, pengelola program 5000 doktor, serta Kasubag TU dan para kepala seksi Subdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Sementara di pihak Kedutaan Perancis, hadir Atase Saintek IFI-Kedutaan Perancis Nicolas Gascoin dan penanggung jawab cabang IFI-Kedutaan Perancis di Jakarta Syarah H. Andriani. “Sebelum mereka diberangkatkan, calon peserta akan dibekali dengan kemampuan bahasa Perancis selama 3-4 bulan di Indonesia sehingga pada saatnya di Perancis calon peserta tidak mengalami kendala bahasa,” terang Arskal.

Selain beasiswa pendidikan, Kementerian Agama beserta Kedutaan Perancis bersepakat juga akan melakukan penelitian kolaboratif bidang sains dan teknologi (saintek) pada tahun 2018.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.