Sekolah Vokasi IPB Dirikan Teaching Factory untuk Wujudkan Pentahelix

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Sekolah Vokasi IPB berkolaborasi dengan PT Charoen Phokphan Indonesia melaksanakan acara soft launching teaching factory (Tefa) sekaligus kunjungan melihat closed house peternakan ayam, kandang sapi, kolam dan green house di kampus IPB Sukabumi, Sabtu (13/3/2021). Soft lounching fasilitas Tefa ini merupakan salah satu bentuk kerja sama pentahelix rintisan IPB University dan Pemerintah Propinsi Jawa Barat.

Acara terlaksana dengan baik dengan dihadiri oleh Rektor IPB University Prof Arif Satria, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri Dirjen Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Saufi, Dekan Sekolah Vokasi Arif Daryanto,  Direktur PT Charoen Phokphan Indonesia, Wakil Dekan Sekolah Vokasi Wawan Oktariza dan Bagus P. Purwanto para ketua program keahlian Sekolah Vokasi IPB University, Ketua Himpunan Alumni IPB , Ketua Agrianita IPB dan dosen sekolah vokasi IPB Sukabumi. Pada kesempatan ini hadir juga Anggota DPR RI Desy Ratnasari.

Bacaan Lainnya

Fasilitas Tefa ini merupakan bagian dari kampus IPB Sukabumi  yang didirikan di atas lahan sebesar 30 hektare. Kampus ini dibiayai oleh Pemerintah Daerah Propinsi Jawa Barat sejak tahun 2016 sampai saat ini untuk meningkat APK PT di Jawa Barat dan pemerataan pendidikan tinggi di Jawa Barat.

Dekan Sekolah Vokasi menyampaikan sambutan serta mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbud, PT Charoen Phokphan Indonesia yang telah hadir dan Pemerintah Propinsi Jawa Barat terus bekerja sama dengan Sekolah Vokasi untuk pengembangan Tefa di Sekolah Vokasi IPB Sukabumi.

“Ke depan Sekolah Vokasi IPB akan bekerjasama dengan PT Great Giant Pineapple yang berlokasi di Sukamakmur Kabupaten Bogor,” kata Arif Daryanto.

Setelah itu  acara dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor IPB University Prof Arif Satria. Rektor  IPB berharap kerja sama ini dapat terus berjalan dengan baik dan menginspirasi bagi seluruh sekolah vokasi di Indonesia.

“Kampus Vokasi IPB Sukabumi diharapkan akan menjadi pusat lima kegiatan yaitu Pendidikan, pelatihan, pengabdian, pengembangan inovasi dan pusat perkembangan pertanian 4.0,” kata Arif Satria.

Sementara itu, Ahmad Saufi dari Kemendikbud mengucapkan terima kasih kepada pihak IPB, Pemerintah Propinsi Jawa Barat dan PT Charoen Phokphan Indonesia yang telah mau berkolaborasi dengan Tefa di Kampus IPB Sukabumi.

“Kami berharap semoga dengan adanya Tefa di Sukabumi dapat menjadi role model Tefa sekolah vokasi seluruh Indonesia serta dapat membantu mahasiswa vokasi untuk mengenal lebih dalam dunia industri. Setelah itu acara dilanjutkan dengan diskusi pengembangan Sekolah Vokasi IPB Sukabumi,” ujarnya. (*) 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *