Irlina, Siswi SMAN1 Jampangtengah Peraih Juara 2 Lomba Poster Tingkat Nasional

  • Whatsapp
Kepala SMAN 1 Jampangtengah Agus Hernawan memberikan hadiah berupa laptop kepada peraih juara 2 Lomba Poster Tingkat Nasional Irlina Nur Ramdani didampng Guru Pembimbing Lomba Dwipinulur dan ibu kandungnya Ida Cahyani, Selasa (20/10/2020)

SUKABUMI – Tumbuh dan dibesarkan dari keluarga kurang mampu, tidak menghalangi semangat seseorang dalam meraih cita-cita. Hal tersebut dibuktikan oleh salah seorang siswi asal SMAN 1 Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi yaitu Irlina Nur Ramdhani (17) meski lahir dari keluarga sederhana, tak menyurutkan semangat berprestasi.

Irlina atau yang disapa Irli ini merupakan siswi kelas XII di SMAN 1 Jampangtengah. Memiliki keahlian dalam membuat sketsa gambar ternyata membawa putri bungsu dua bersaudara pasangan Ujang Suherlan (53) dan Ida Cahyati (45) mengantarkannya kepada cita-citanya untuk bisa meneruskan pendidikannya di tingkat yang lebih tinggi.

Bacaan Lainnya

Saat ini, Irli sudah mendapat tawaran kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan mendapat beasiswa secara full.

Irli merupakan siswi yang berhasil meraih juara ke-2 lomba poster di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA tingkat nasional yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dimana tahun ini dilaksanakan secara daring dari tanggal 28 September hingga 4 Oktober 2020.

“Alhamdulilah waktu Irli menang juara ke dua di tingkat nasional itu, Irli dapat tawaran dari dua universitas negeri ternama di Jawa Barat yaitu ITB dan UPI, tapi untuk ITB itu beasiswanya tidak full 100 persen, kalau UPI menawarkan beasiswanya 100 persen,” ucapnya.

Gadis berwajah ayu berhijab ini pun sebenarnya tidak pernah menyangka jika dirinya bisa lolos sebagai juara 1 di tingkat Provinsi Jawa Barat dan berhasil meraih juara ke dua di tingkat nasional.

Sebab, ia tidak memiliki peralatan untuk belajar mendesain poster. Bahkan untuk berlatih membuat desain poster pun Irli meminjam peralatan seperti laptop dan kamera dari guru pembimbingnya.

“Kalau bapak kan cuman buruh batu apu, jadi enggak punya laptop sama kamera, karena untuk desain poster sendiri Irli baru belajar, awalnya cuman gambar sketsa wajah atau gambar kartun aja karena memang hobi terus karena ditawarin kakak kelas diajak buat belajar bikin poster dan ada guru pembimbing juga yang mendukung jadi semangat untuk belajar dan alhamdulilah ternyata berhasil juga jadi juara,” tuturnya.

Diceritakan Irli, bahwa hobinya menggambar dimulai sejak masih duduk dibangku SD, saat itu ia hanya belajar menggambar dari sang ayah yangf juga memiliki darah seni khususnya dalam bidang menggambar.

“Sebenarnya mungkin lebih keturunan yah, kebetulan ayah juga jago gambar, untuk desain poster ini baru pas di SMA saja belajarnya,” terang Irli yang juga bercita-cita sebagai dosen seni ini.

Berkat prestasinya itu pun, selain mendapat tawaran beasiswa 100 persen untuk kuliah, pihak sekolah pun memberikan reward kepada Irli berupa hadiah laptop.

Kepala SMAN 1 Jampangtengah Agus Hernawan mengaku amat bangga dengan prestasi yang diraih oleh salah satu siswinya tersebut. Ia pun berharap dengan prestasi yang diraih oleh Irli bisa menjadi motivasi bagi siswa lainnya untuk terus semangat meraih prestasi baik di tingkat wilayah ataupun di tingkat nasional.

“Sangat bangga apalagi ini tingkat nasional, saya sangat berterimakasih kepada Irli dan juga guru pembimbingnya yang sudah berjuang keras hingga bisa menjadi sebuah prestasi yang membanggakan,” ucapnya bangga.

Untuk terus memberikan motivasi dan semangat siswanya, pihak sekolahpun akan memberikan reward kepada siapapun baik siswa ataupun guru yang sudah membawa nama harum sekolahnya.

“Alhamdulilah dari pihak sekolah sepakat untuk memberikan laptop kepada Irli karena untuk saat ini laptop menjadi kebutuhan Irli untuk belajar lebih giat lagi mendesain poster,” terangnya.

Sementara itu, guru pembimbing Dwipinulur menilai jika Irli memiliki bakat yang luar biasa, untuk itu ia pun sangat percaya jika Irli mampu meraih prestasi.

Ditambahkan Dwi, awal ia mengetahui bakat menggambar Irli dari dari salah satu anak didik bimbingannya

“Awalnya itu dikenalkan oleh anak didik saya, kebetulan siswa itu juga pernah mewakili sekolahnya ikut lomba poster ke tingkat provinsi, terus saya tes ternyata bakat menggambarnya sudah ada dan bagus sangat detail, jadi untuk ke digital tidak terlalu sulit mengembangkannya,” tuturnya.

Ia pun sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh siswanya tersebut, pasalnya meski dengan segala keterbatasan alat namun ia tetap semangat dan bisa berprestasi bahkan hingga ke tingkat nasional.

“Saya berharap Irli bisa terus melanjutkan pendidikannya dan melatih lebih dalam seni menggambarnya,” ucap Dwi.

Sementara sang ibu, yang ikut mendampingi Irli di sekolah untuk menerima hadiah dari sekolah mengaku sempat tidak percaya putrinya bisa meraih juara ke 2 lomba poster di tingkat provinsi hingga ke nasional.

“Sempat ada perasaan ragu putri saya bisa menang karena untuk alat saja seperti laptop kita enggak punya, tetapi ternyata di berhasil mewakili Jawa Barat ke tingkat nasional dan ternyata di nasional juga juara,” ucapnya sambil sumeringah.

Ida sendiri mengucapkan rasa terimakasihnya kepada pihak sekolah teruma guru pembimbing dan kepala sekolah yang sudah membimbing dan mendukung putrinya hingga berhasil seperti ini. (wdy)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *