Ifish Mancer Dongkrak Literasi Siswa SDN Bunut Sukabumi

SDN BUNUT
BERANI: Siswa SDN Bunut tampil percaya diri saat menceritakan isi buku yang sudah dibacanya di depan-teman-temannya.

SUKABUMI – SDN Bunut, Cikole, Kota Sukabumi terus berusaha meningkatkan minat baca dan literasi. Salah satunya melalui program Ifish Mancer setiap Kamis mulai pukul 07.00-730 WIB.

Kepala SDN Bunut Dede Pramulyana mengatakan, Ifish Mancer atau Ishikawa fishbone yang berarti pengalaman bercerita merupakan program yang dibuat SDN Bunut untuk meningkatkan daya baca siswa serta membentuk karakter siswa agar bisa mandiri, bernalar kritis dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

“Program ini merupakan kegiatan rutin yang kita gelar setiap minggunya di hari Kamis pagi. Selama satu jam semua siswa mulai dari kelas 1 hingga kelas VI berkumpul dilapangan berinteraksi dan bercerita didepan teman-teman yang lain untuk melatih rasa percaya diri mereka,” ucap Kepala SDN Bunut Dede Pramulyana kepada Radar Sukabumi, Kamis (26/1).

Menurutnya, Ifish Mancer e merupakan bagian-bagian inti dari buku yang sudah dibaca, lalu para siswa akan menceritakan pengalaman mereka setelah membaca buku tersebut.

Menurutnya, melalui proses Ifish Mancer para siswa bisa saling sharing dan berbagi dari buku yang sudah dibaca sehingga akan muncul ketertarikan dari siswa lainnya, yang awal nya hanya mendengar saja akan mencoba untuk membaca.

“Dari ketertarikan itu, siswa akan memafami bahwa buku itu asik untuk dibaca,” terangnya.

Di sisi lain, Perpustakaan SDN Bunut saat ini sedang direhab ulang supaya siswa bisa lebih nyaman dan senang saat berada di perpustakaan. Dede menyebutkan, saat ini SDN Bunut memiliki kurang lebih 500 koleksi buku bercerita yang ada diperpustakaannya.

Menurutnya, pasca libur panjang setelah pandemi Covid-19, daya minat baca siswa mengalami penurunan. Ia pun berharap, melalui program Ifish Mancer bisa mendokrak minat baca siswa. (wdy)

Pos terkait