Departemen Konservasi Gigi FKG UI Edukasi Masyarakat Soal Kesehatan Gigi Dan Mulut Dari Rumah

  • Whatsapp
FKG UI

SUKABUMI – Departemen Konservasi Gigi FKG Universitas Indonesia (UI) melaksanakan bakti sosial kesehatan di Kelurahan Subangjaya, Sukabumi pada hari Minggu, (24/10/2021).

Bakti sosial yang dilaksanakan kali ini, selain secara virtual namun juga dilaksanakan secara langsung tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Acara ini diikuti oleh 50 kader Posyandu di Kelurahan Subangjaya yang tergabung dalam bakti sosial ini mendapatkan penyuluhan dan edukasi mengenai masalah kesehatan gigi dan mulut yang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat dengan harapan akan menjadi pelopor bagi masyarakat akan arti penting menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih menjadi salah satu penyakit dengan prevalensi tinggi. Dengan kegiatan ini, diharapkan para kader posyandu dapat membantu masyarakat untuk semakin sadar akan pentingnya melakukan perawatan gigi dengan baik dan benar sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat itu sendiri.

Bakti sosial diawali dengan penyuluhan kesehatan “Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut dari Rumah”, sesi tanya jawab dilanjutkan konsultasi kesehatan gigi dan mulut, dan diakhiri dengan pemberian paket edukasi berupa poster dan leaflet serta pembagian sembako untuk para kader.

Hadir pada acara tersebut Camat Cikole yang diwakilkan oleh Sekertaris Camat Cikole, Deden Solihin, Lurah Subangjaya, Ferry Munggaran, Ketua Bakti Sosial Departemen Konservasi Gigi FKG UI tahun 2021, Dr. drg. Dini Asrianti, serta dosen pengajar Departemen Konservasi Gigi FKG UI diantaranya Ketua Program Studi Spesialis Konservasi Gigi FKG UI, Prof. Ratna Meidyawati, dan Anggraini Margono. Turut hadir anggota DPRD kota Sukabumi Ir. Henry Slamet.

Dalam sambutannya, Kepala Departemen Konservasi Gigi FKG UI, Prof. Endang Suprastiwi menyampaikan, bakti sosial ini merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh Departemen Konservasi Gigi FKG UI sebagai wujud dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi bidang pendidikan, pelayanan dan pengabdian masyarakat.

“Departemen Konservasi Gigi FKG UI sebagai salah satu bagian dari pendidikan kedokteran gigi di Indonesia memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat luas tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut,” tuturnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Prof.Endang mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mensukseskan bakti sosial ini. “Semoga seluruh kader posyandu dapat menyerap dan mengaplikasikan ilmu yg didapat kepada masyarakat. Dan tidak lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan”,pungkasnya. (*/wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *